Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentrem Produksi Bus Tanpa Bando Alias Single Glass

Kompas.com - 28/05/2020, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren bus yang ada di Indonesia saat ini yaitu menggunakan model kaca ganda (kaca bando) atau double glass pada bagian depan. Namun, karoseri asal Malang, Tentrem baru-baru ini merilis bus dengan kaca tunggal (tanpa bando) atau single glass.

Gambar bus tersebut diunggah ke Instagram melalui akun @hudan_fachrudi. Bus ini terlihat menarik karena menyimpang dari tren yang ada yaitu tidak menggunakan model double glass dengan bando di tengah.

Dimas Raditya, Sales Staff dari Karoseri Tentrem, mengatakan, kalau bus tersebut merupakan model lain dari Avante H7, namun tidak menggunakan model double glass seperti biasanya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mematikan AC Bikin Konsumsi Bensin Jadi Lebih Irit?

Bus karoseri tentreminstagram/hudan_fachrudi Bus karoseri tentrem

“Bus tersebut merupakan sub model saja dari Avante H7 yang sudah ada. Costumer meminta agar menggunakan model single glass,” kata Dimas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Untuk spesifikasinya, Dimas menjelaskan, pada bagian bodi, sama dengan Avante H7 biasa. Namun ada perubahan pada bagian muka yang menggunakan model Avante H9 yang lebih besar. Lalu kaca dan pilar A mengikuti model Scorpion X dari Tentrem yang single glass.

“Sasis yang digunakan oleh bus ini dari merek Hino model RK8 R260,” ucap Dimas.

Baca juga: Mengendarai Motor Kecepatan Tinggi Ada Lubang, Hajar atau Menghindar?

Ketika ditanyai apakah saat ini mulai meninggalkan model double glass, Dimas menyatakan, tidak mungkin mulai mengganti dengan model single glass. Paling memungkinkan yaitu adanya dua pilihan model untuk Avante H7, single atau double glass.

“Harus diakui memang adanya bando mengganggu pemandangan ke luar. Kita juga sudah berusaha bagaimana agar pilar horizontal itu bisa seminimal mungkin mengganggu pemandangan ke luar,” katanya.

Selain itu, model bus dengan double glass masih diminati oleh banyak Perusahaan Otobus (PO). Tampilan luarnya yang keren dan gagah sehingga bus single dek terlihat lebih tinggi jika menggunakan model double glass.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com