Penjualan Mitsubishi Fuso Anjlok, Coba Fokus ke Purnajual

Kompas.com - 21/05/2020, 15:01 WIB
Ilustrasi perawatan Mitsubishi Fuso KTBIlustrasi perawatan Mitsubishi Fuso
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi virus corona telah menekan angka penjualan dan penangguhan aktivitas pabrik beberapa merek otomotif. Pasar kendaraan komersial bahkan harus anjlok 36 persen pada Januari-April 2020, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada periode tersebut, penjualan Mitsubishi Fuso hanya mencatat 9.628 unit atau menurun 28,3 persen. Oleh sebab itu, pada masa seperti sekarang mereka lebih memilih memaksimalkan layanan purnajual kepada konsumen.

Duljatmono, Marketing Director Sales & Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), mengatakan, kalangan pelanggan dan pengguna truk Mitsubishi Fuso jadi salah satu sektor yang terkena dampak Covid-19.

Baca juga: Jelang Lebaran, Ratusan Ribu Kendaraan Keluar Meninggalkan Jakarta

PT KTB distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi FusoTruck dan Bus Corporation, meluncurkan Mitsubishi Fuso Fighter FN61FL HD (6x2)KOMPAS.com/Nana Triana PT KTB distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi FusoTruck dan Bus Corporation, meluncurkan Mitsubishi Fuso Fighter FN61FL HD (6x2)

“Kami memaksimalkan mobile workshop service, dan bengkel resmi kami tetap buka sesuai izin dari pemerintah, meski dilernya tutup,” kata Duljatmono, dalam konferensi video (20/5/2020).

Oleh sebab itu, Duljatmono mengatakan pihaknya telah membuat empat paket layanan purnajual. Pertama dengan memberikan gratis general check up yang berlaku bagi konsumen dengan cara melakukan service booking sehari sebelumnya, dengan jarak maksimal 20 km dari diler.

Kemudian, Mitsubishi Fuso memberikan diskon perawatan ringan seperti ganti oli dan tune up, dengan diskon spare part 15 persen dan diskon ongkos kerja 10 persen, atau paket gratis item seperti filter oil maupun fuel filter.

Baca juga: Mudik Lokal Dilarang, Patroli dan Pengawasan Diperketat

Ilustrasi perawatan Mitsubishi FusoKTB Ilustrasi perawatan Mitsubishi Fuso

Selanjutnya, tersedia juga paket perawatan sedang seperti ganti kampas rem dan kopling dengan diskon spare part 20 persen dan diskon jasa 15 persen, atau paket gratis item berupa oli mesin, oli transmisi, oli differential, filter oli, seal oli, dan fuel filter.

Terakhir, Mitsubishi Fuso turut memberikan layanan perawatan berat seperti overhaul mesin dan transmisi dengan diskon onderdil 25 persen dan diskon jasa 20 persen. Atau konsumen bisa memilih paket gratis oli mesin, oli transmisi, oli differential, filter oli, seal oli, dan fuel filter.

Sementara itu, Presiden Direktur PT KTB Naoya ‘Rocky’ Takai, mengatakan, Mitsubishi Fuso tidak akan mengubah komitmen perusahaan terhadap konsumen selama pandemi corona.

Baca juga: Bagaimana Aturan Berkendara Saat Penerapan New Normal Dimulai?

Mitsubishi Fuso hadirkan 9 varian baru truk FighterKompas.com/Setyo Adi Mitsubishi Fuso hadirkan 9 varian baru truk Fighter

“Kami mengerti bahwa banyak konsumen yang berjuang melewati masa sulit. Sebagai profesional business partner, sudah menjadi tanggung jawab kami untuk menyediakan solusi bisnis kepada konsumen,” ujar Rocky Takai, dalam kesempatan yang sama.

Ia menambahkan, konsumen Mitsubishi Fuso tetap bisa menikmati layanan sales, service, dan spare part dengan menghubungi diler terdekat atau Fuso Call Center, meski terdapat sejumlah batasan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X