Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Bicara Kehadiran ZR-V, Calon Pesaing Raize dan Rocky

Kompas.com - 19/05/2020, 03:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan mobil di segmen SUV memang sedang meningkat dan cukup diminati di seluruh dunia. Tak heran sejumlah pabrikan berlomba-lomba menghadirkan produk terbaiknya, termasuk untuk kelas SUV kecil.

Model SUV kecil yang tengah ramai dibicarakan tentu saja duet Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Kedua mobil ini memang belum hadir di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan jika suatu saat bakal diluncurkan.

Honda sepertinya tidak tinggal diam, seperti diketahui laman Indian Autos Blog pernah melaporkan jika nomenklatur ZR-V telah didaftarkan sebagai SUV sub-4 meter.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 20 Jutaan, Dapat Starlet sampai Accord

Paten nama Honda ZR-V telah didaftarkan sebagai calon SUV kecil.indianautosblog.com Paten nama Honda ZR-V telah didaftarkan sebagai calon SUV kecil.

Honda ZR-V akan mengusung platform milik Amaze, sedan kecil di India yang mengambil basis dari Brio. ZR-V bisa mengisi celah kosong yang belum ditempati Honda, dan menjadi rival utama Raize dan Rocky.

Menanggapi kemunculan ZR-V, Business Innovation & Marketing and Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan, di tengah kondisi pasar yang sedang lesu karena pandemi corona, pihaknya belum berencana meluncurkan produk baru.

“HPM melihat kalau peluncuran produk baru, timing, dan line up-nya seperti apa, kami melihat kondisi pasar dan kebutuhan konsumen,” ucap Billy, dalam konferensi video belum lama ini.

Baca juga: Resmi, Anies Juga Larang Mudik Lokal

Ilustrasi hasil olah digital Honda ZR-Vresponse.jp Ilustrasi hasil olah digital Honda ZR-V

“Jadi itu pasarnya mau small SUV atau model lainnya, ya pasti kami bisa menghadirkan itu,” katanya.

Billy juga menambahkan, small SUV Honda bisa saja menjadi pesaing kuat Raize dan Rocky. Apalagi trennya tengah berkembang dan diminati konsumen.

“Kami melakukan survei juga dan demand tersebut memang ada, dan memang diminati. Untuk modelnya apa kita lihat nanti. Untuk sekarang sudah terlihat tren small SUV,” ujar Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com