Toyota Sebut Jualan Secara Digital Selama Pandemi Belum Efektif

Kompas.com - 16/05/2020, 16:41 WIB
Launching Toyota Agya Facelift lewat live streaming Youtube Toyota Indonesia IstimewaLaunching Toyota Agya Facelift lewat live streaming Youtube Toyota Indonesia
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Maraknya penyebaran virus corona telah berdampak pada penjualan mobil. Agen pemegang merek dan diler pun harus putar otak memanfaatkan media komunikasi digital untuk memasarkan produknya.

PT Toyota Astra Motor (TAM) jadi salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan meda digital untuk berjualan. Bahkan pada peluncuran New Agya beberapa waktu lalu, juga memanfaatkan konferensi video secara daring.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengatakan, komunikasi lewat media digital punya beberapa keunggulan. Terutama dalam penyampaian pesan yang bisa serentak ke seluruh Indonesia dalam waktu yang sama.

Baca juga: Mobil Matik Mogok Saat PSBB, Perhatikan Cara Dorong yang Benar

Diler Auto2000.Istimewa Diler Auto2000.

Tentu saja hal ini berimbas baik pada diler dan konsumen di daerah, mereka juga bisa mendapatkan informasi lebih cepat, namun juga efisien dan efektif.

“Belajar dari launching Agya, rasanya kemasan dari digital communication bisa jadi bagian penting dari launching produk baru,” ujar Anton, dalam konferensi video (15/5/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Semua merek saya rasa tidak bisa menghindari, komunikasi digital akan jadi new normal ke depannya,” katanya.

Baca juga: Mau ke Jakarta, Warga Luar Jabodetabek Wajib Urus Izin Masuk

Suasana booth Toyota di IIMS 2017.TAM Suasana booth Toyota di IIMS 2017.

Meski begitu, komunikasi secara digital ini di lain sisi masih punya kekurangan. Terutama untuk menjaring konsumen yang benar-benar serius membeli mobil.

“Memang jujur kalau saya katakan, kalau bisa menggantikan 100 persen rasanya tidak juga,” ucap Anton.

“Mau bagaimana pun mereka butuh lihat langsung, pegang langsung, dan test drive langsung. Dan ini yang tidak bisa kami lakukan sekarang, jadi kombinasi ini penting,” tuturnya.

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.