Begini Cara Mengendarai Motor Matik yang Benar

Kompas.com - 12/05/2020, 15:12 WIB
Ilustrasi motor Otomania/Setyo AdiIlustrasi motor
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor matik bisa dikatakan cukup mudah, bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

Dengan kendali tuas gas dan rem, pengendara motor dengan transmisi otomatis tidak perlu memikirkan saat perpindahan gigi layaknya motor manual.

Meski begitu, masih banyak pengendara motor matik yang melakukan kesalahan saat mengendarainya di jalan raya.

Baca juga: Selain Aki, Komponen Mobil Apa Lagi yang Harus Dicopot Selama PSBB?

Terutama dalam hal buka tutup gas saat mobil hendak berjalan atau dalam kecepatan tinggi. Padahal, perlakuan motor matik ini tidak seperti manual, yang tingkat kecepatannya menyesuaikan posisi gigi transmisi.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang mengatakan, ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh pemula yang baru belajar naik motor skutik.

"Yang paling penting adalah kita harus tahu saat buka tutup gas yang aman saat menggunakan motor matik," ujar Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Fatalitas Kecelakaan Justru Semakin Tinggi Saat Jalan Kosong

Pasalnya, buka tutup gas pada skutik merupakan hal krusial. Maka dari itu, pengaturan buka tutup gas juga diperlukan agar motor tidak 'nyelonong'' saat melaju di jalan turunan atau tanjakan.

Berikut cara benar berkendara motor matik

1. Buka gas perlahan

Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutikFoto: Wahana/Istimewa Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutik

Agus mengatakan, saat akan menjalankan motor usahakan agar tidak membuka gas secara spontan tetapi bertahap. Lakukan, tahapan ini sampai kendaraan melaju dengan stabil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X