Ojol Modus Kehabisan Bensin, Berapa sih Kapasitas Tangki BBM Motor?

Kompas.com - 08/05/2020, 15:11 WIB
Honda ADV 150 meluncur di Jawa Barat Honda ADV 150 meluncur di Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini media sosial sedang ramai memperbincangkan video YouTube yang diunggah oleh akun Elang Motovlog tentang seorang pengemudi ojek online (ojol) yang mendorong motor di jalan dengan modus kehabisan bensin.

Banyak warganet menyimpulkan cara tersebut adalah modus baru yang digunakan driver ojol untuk mendapatkan bantuan. Pasalnya, video dengan cerita dan orang yang sama juga viral melalui akun YouTube artis Baim Wong.

Terlepas dari benar atau tidak modus tersebut, sebaiknya pengendara motor memahami tentang kapasitas tangki bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraannya.

Baca juga: BMW dan Mini Siapkan Produk Baru di GIIAS 2020

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, menjelaskan, setiap motor memiliki perbedaan kapasitas tangki BBM, ada yang hanya sekitar 4 liter, tapi juga ada yang hingga 13 liter. Ia mengilustrasikan kapasitas BBM motor di segmen yang sama rata-rata hampir serupa.

New Honda Revo Xdok.AHM New Honda Revo X

“Misal untuk motor injeksi seperti Revo X, memiliki kapasitas tangki bahan bakar antara 4 liter. Penggunaan bahan bakarnya sampai bisa 45 km per liter (Kpl),” ujar Endro saat dihubungi Kompas.com, Jumat (08/05/2020).

Baca juga: Pemerintah Ingatkan Mudik Tetap Dilarang Meski Transportasi Beroperasi

Endro melanjutkan, “Tidak jauh berbeda, motor matik seperti BeAT juga memiliki kapasitas tangki bahan bakar 4.2 liter. Beda dengan skutik bongsor seperti ADV150 yang memiliki kapasitas tangki hingga 8 liter dengan penggunaan bahan bakar sekitar 39 Kpl,”

Sementara untuk motor sport seperti CBR250RR, penggunaan bahan bakarnya bisa sampai 28 Kpl, dengan kapasitas tangki bahan bakar 13 liter.

Menurut Endro, semakin besar kapasitas daya angkut, biasanya kebutuhan BBM akan semakin banyak. Semakin besar kapasitas mesin, maka akan semakin besar juga kapasitas tangkinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.