Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ojol Modus Kehabisan Bensin, Berapa sih Kapasitas Tangki BBM Motor?

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini media sosial sedang ramai memperbincangkan video YouTube yang diunggah oleh akun Elang Motovlog tentang seorang pengemudi ojek online (ojol) yang mendorong motor di jalan dengan modus kehabisan bensin.

Banyak warganet menyimpulkan cara tersebut adalah modus baru yang digunakan driver ojol untuk mendapatkan bantuan. Pasalnya, video dengan cerita dan orang yang sama juga viral melalui akun YouTube artis Baim Wong.

Terlepas dari benar atau tidak modus tersebut, sebaiknya pengendara motor memahami tentang kapasitas tangki bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraannya.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, menjelaskan, setiap motor memiliki perbedaan kapasitas tangki BBM, ada yang hanya sekitar 4 liter, tapi juga ada yang hingga 13 liter. Ia mengilustrasikan kapasitas BBM motor di segmen yang sama rata-rata hampir serupa.

“Misal untuk motor injeksi seperti Revo X, memiliki kapasitas tangki bahan bakar antara 4 liter. Penggunaan bahan bakarnya sampai bisa 45 km per liter (Kpl),” ujar Endro saat dihubungi Kompas.com, Jumat (08/05/2020).

Endro melanjutkan, “Tidak jauh berbeda, motor matik seperti BeAT juga memiliki kapasitas tangki bahan bakar 4.2 liter. Beda dengan skutik bongsor seperti ADV150 yang memiliki kapasitas tangki hingga 8 liter dengan penggunaan bahan bakar sekitar 39 Kpl,”

Sementara untuk motor sport seperti CBR250RR, penggunaan bahan bakarnya bisa sampai 28 Kpl, dengan kapasitas tangki bahan bakar 13 liter.

Menurut Endro, semakin besar kapasitas daya angkut, biasanya kebutuhan BBM akan semakin banyak. Semakin besar kapasitas mesin, maka akan semakin besar juga kapasitas tangkinya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/08/151100815/ojol-modus-kehabisan-bensin-berapa-sih-kapasitas-tangki-bbm-motor-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke