Tips Punya Dana dari Jual Mobil Tanpa Bikin Operasional Terlantar

Kompas.com - 07/05/2020, 16:41 WIB
Mobil komersial bekas jadi alternatif pengusaha Otomania/Setyo AdiMobil komersial bekas jadi alternatif pengusaha
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi virus corona atau Covid-19 secara langsung mempengaruhi kemampuan finansial seseorang. Bagi yang terdampak, mereka akan menjual aset untuk memenuhi kebutuhan, terlebih menjelang hari raya Lebaran.

Budi Rahardjo, Perencana Keuangan dari OneShildt Financial Planning, mengatakan, kendaraan jadi salah satu aset yang mudah dicairkan.

Tak heran tren penjualan mobil pun terasa lebih banyak belakangan ini. Sebab kebutuhan orang untuk membeli bahan pokok lebih penting, daripada membeli mobil.

Baca juga: Catat, Begini Teknis dan Kriteria Izin Berpergian Saat Larangan Mudik

Ilustrasi membeli mobilistimewa Ilustrasi membeli mobil

“Pastikan kendaraan yang kita jual bukan bagian dari penunjang usaha atau penunjang kegiatan sehari-hari. Kalau termasuk dalam bagian itu, lebih baik cari aset lain yang lebih memungkinkan,” ucap Budi, kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, apabila mobil yang Anda miliki merupakan model keluaran tahun muda, atau mobil MPV atau SUV tipe menengah, tak ada salahnya untuk melakukan downgrade.

“Kalaupun mau jual, cari kendaraan yang masih bisa kita beli dengan hasil penjualan tersebut. Jadi kita gunakan selisih harganya, sehingga operasional masih bisa di-support dengan kendaraan tersebut,” ujar Budi.

Baca juga: Moda Transportasi Kembali Beroperasi, tetapi Tetap Dilarang Mudik

Pasar mobil bekas di bulan RmadhanStanly/Otomania Pasar mobil bekas di bulan Rmadhan

Sementara itu, Presiden Direktur PT Balai Lelang Serasi (Ibid) Daddy Doxa Manurung, mengatakan, konsumen yang melakukan downgrade belakangan memang ada dan cukup banyak.

“Misal sebelumnya punya Innova, dijual ganti Agya atau Calya, itu kan selisihnya lumayan. Nanti setelah pandemi, usaha bangkit, perlahan ganti lagi Innova atau minimal Avanza,” kata Doxa.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X