Punya Uang Rp 70 Jutaan Bisa Dapat Mobil Lelang Tahun Muda

Kompas.com - 28/04/2020, 11:22 WIB
Membeli mobil bekas yang memiliki spesifikasi lebih lengkap bisa jadi pilihan. Carscoops.comMembeli mobil bekas yang memiliki spesifikasi lebih lengkap bisa jadi pilihan.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga mobil bekas yang dijual secara lelang cukup bervariasi, mulai harga puluhan juta rupiah sampai dengan ratusan juta rupiah.

Harga ini selain ditentukan dari model atau tipenya, juga kondisi serta tahun dipasarkannya mobil tersebut.

Bisa ditebak, jika mobil dengan kondisi bagus dan tahun muda pastinya harganya akan lebih tinggi dibandingkan dengan mobil dengan tahun lebih tua.

Baca juga: Selama Pandemi Corona, Lelang Mobil Bekas Dilakukan Secara Online

Tentunya, untuk harga mobil bekas yang dijual melalui lelang ini jauh lebih murah dibandingkan diker mobil bekas.

Hal ini dikarenakan kondisi mobil juga masih apa adanya dan tidak ada perbaikan atau poles agar mobil terlihat lebih bagus sebelum dijual.

Peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.

“Kalau yang dijual di balai lelang ini kondisinya memang apa adanya, dan kami juga sudah menjelaskan mengenai kondisinya kepada peserta lelang,” kata Daddy Doxa Manurung selaku Presiden Direktur Ibid-Balai Lelang Serasi saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Makanya, lanjut Daddy, ada grade tersendiri yang bisa menjadi patokan peserta lelang untuk mengetahui kondisi mobil sebelum ikut melakukan penawaran.

“Itu ada gradenya, seperti grade A yang kondisinya cukup bagus, grade B ada kekurangan sedikit, grade C juga ada kekurangannya atau pun grade D,” katanya.

Baca juga: Pemudik yang Pakai Motor Juga Bakal Dipaksa Putar Balik

Mengenai harga lelangnya, Daddy mengatakan, cukup beragam. Misalkan saja untuk calon pembeli mobil bekas yang mempunyai anggaran Rp 70 juta bisa mencoba untuk membeli mobil Agya 1.0 G manual lansiran tahun 2016.

mobil bekas yang dijual secara lelang di ibid-balai lelang serasiAri Purnomo mobil bekas yang dijual secara lelang di ibid-balai lelang serasi

“Itu ditawarkan dengan harga lelang Rp 64 juta, kalau dulu sebelum pandemi Corona harganya masih Rp 78 juta sekarang sudah turun,” ucapnya.

Selain Agya, ada Calya 1.2 tahun 2018 yang ditawarkan dengan harga Rp 68 juta, Suzuki APV tahun 2015 Rp 39.500.000, dan Daihatsu Grandmax 1.3 2014 Rp 47 juta.

Baca juga: Akibat Larangan Mudik dan Pandemi Corona, Pengguna Tol Solo-Ngawi Turun 50 Persen

Selain itu ada juga Datsun Go Panca 1.2 lansiran 2017 yang dijual Rp 69.500.000. Toyota Limo 1.5 2014 Rp 60 juta, Chevrolet Spin 1.2 LS keluaran 2013 juga ditawarkan Rp 60.500.000.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X