Kompas.com - 26/04/2020, 18:01 WIB
Toyota New Innova yang menggunakan grill aftermarket ala Bentley. Aditya Maulana, KompasOtomotifToyota New Innova yang menggunakan grill aftermarket ala Bentley.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pecinta otomotif, memodifikasi mobil kesayangan bisa menjadi hal yang menyenangkan. Selain dapat mempercantik tampilan kendaraan, tampilan mobil pun jadi tidak pasaran.

Salah satu modifikasi yang tidak jarang dilakukan oleh pemilik mobil adalah mengubah tampilan grill mobil. Meski begitu, perlu diingat, jangan sampai ubahan tersebut menghilangkan fungsi dari grill itu sendiri.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, mengatakan, grill mobil memiliki fungsi yang krusial. 

Baca juga: Pengendara yang Mudik Lewat Jalur Alternatif Tetap Dipaksa Putar Balik

“Pemilik mobil harus mengetahui apa fungsi grill yang sebenarnya, yaitu sebagai saluran udara ke radiator dan kondesor air conditioner (AC). Jika modifikasi dilakukan sembarangan, maka udara akan terhalang masuk ke radiator dan bisa menyebabkan mesin overheat,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/04/2020).

Beragam grill orisinil bekas yang dijual di salah satu toko di Pusat Onderdil ITC Duta Mas Fatmawati.Aditya Maulana, Otomania Beragam grill orisinil bekas yang dijual di salah satu toko di Pusat Onderdil ITC Duta Mas Fatmawati.

Baca juga: Imbas Corona, Ini Deretan Mobil Baru yang Gagal Meluncur di GIIAS 2020

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bambang melanjutkan, sebenarnya sah-sah saja jika pemilik mobil ingin memodifikasi grill dengan catatan harus menjaga fungsi utamanya.

“Bila fungsi utamanya dilanggar, maka pasokan aliran udara akan berkurang. Sehingga, semakin besar kemungkinan radiator dan kondesor AC kekurangan daya pendingin. Akibatnya AC tidak akan bekerja secara maksimal,” katanya.

Maka dari itu, pemilik mobil harus menentukan terlebih dahulu apakah modifikasi grill cocok dengan mobilnya atau tidak.

“Perhatikan arah bilah-bilah pada grill, bila arahnya benar dan sesuai dengan aslinya, di mana mengarah ke radiator maka tidak akan jadi masalah,” kata Bambang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X