Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dampak Buruk Sembarang Modifikasi Grill Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pecinta otomotif, memodifikasi mobil kesayangan bisa menjadi hal yang menyenangkan. Selain dapat mempercantik tampilan kendaraan, tampilan mobil pun jadi tidak pasaran.

Salah satu modifikasi yang tidak jarang dilakukan oleh pemilik mobil adalah mengubah tampilan grill mobil. Meski begitu, perlu diingat, jangan sampai ubahan tersebut menghilangkan fungsi dari grill itu sendiri.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, mengatakan, grill mobil memiliki fungsi yang krusial. 

“Pemilik mobil harus mengetahui apa fungsi grill yang sebenarnya, yaitu sebagai saluran udara ke radiator dan kondesor air conditioner (AC). Jika modifikasi dilakukan sembarangan, maka udara akan terhalang masuk ke radiator dan bisa menyebabkan mesin overheat,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/04/2020).

Bambang melanjutkan, sebenarnya sah-sah saja jika pemilik mobil ingin memodifikasi grill dengan catatan harus menjaga fungsi utamanya.

“Bila fungsi utamanya dilanggar, maka pasokan aliran udara akan berkurang. Sehingga, semakin besar kemungkinan radiator dan kondesor AC kekurangan daya pendingin. Akibatnya AC tidak akan bekerja secara maksimal,” katanya.

Maka dari itu, pemilik mobil harus menentukan terlebih dahulu apakah modifikasi grill cocok dengan mobilnya atau tidak.

“Perhatikan arah bilah-bilah pada grill, bila arahnya benar dan sesuai dengan aslinya, di mana mengarah ke radiator maka tidak akan jadi masalah,” kata Bambang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/26/180100515/dampak-buruk-sembarang-modifikasi-grill-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke