Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagasi Bus Bisa Muat 7 Motor, tapi Bukan Didesain buat Bawa Manusia

Kompas.com - 26/04/2020, 16:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karena lemahnya pengawasan atau sopir yang tidak mengetahui adanya larangan, sejumlah pemudik nekat duduk di bagasi agar bisa pergi ke kampung halaman tanpa kena razia Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan, mengatakan, hal tersebut memang benar terjadi di Jakarta.

“Kejadiaannya di Ciledug, tapi bukan terminal resmi. Karena takut ada razia jadi penumpang itu mau duduk di dalam bagasi dulu,” ujar Sani, kepada Kompas.com (25/4/2020).

Baca juga: Dilarang Mudik, Viral Foto Bus AKAP Bawa Penumpang di Dalam Bagasi

Ilustrasi bagasi bus AKAPbali.polri.go.id Ilustrasi bagasi bus AKAP

Setelah melewati pos pemeriksaan, baru kemudian bus tersebut bongkar muatan dan menaikkan penumpang yang ada di bagasi ke dalam kabin.

Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana, mengatakan, rata-rata bagasi bus AKAP memang cukup luas untuk dimuati. Bahkan tidak hanya orang, beberapa sepeda motor pun muat di sana.

Meski begitu, ukuran bagasi bus ternyata berbeda-beda tergantung jenis sasis dan ukuran bus. Jadi tidak bisa disamaratakan.

Baca juga: Viral Penumpang di Dalam Bagasi Bus, Ini Bahayanya Berada di Bagasi

Ilustrasi bagasi bustribunnews.com Ilustrasi bagasi bus

“Ada yang High Deck (HD), Single High Deck (SHD). Tapi bagasi paling besar itu Extra HD atau jenis tronton, pasti lebih luas dan lega, yang rodanya ada empat di belakang,” ujar Werry, kepada Kompas.com (26/4/2020).

Bagasi bus SHD biasanya memiliki lebar 2,4 meter, panjangnya sekitar 6 meter, dan tinggi sekitar 1 meter. Sasis bus juga menentukan ukuran bagasi, Hino dan Mercedes-Benz beda ukuran bagasinya,” katanya.

Karena ukuran yang terbatas dan tak seluas ruang kabin, bagasi hanya diperuntukkan bagi barang-barang. Seperti tas, kardus, karung, hingga sepeda motor.

“Sering juga sepeda motor, terutama bus tujuan Sumatera, banyak itu biasanya. Satu bus single deck biasanya bisa membawa 6 sampai 7 motor di bagasi. Itu pun masih muat beberapa tas dan kardus,” ucap Werry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com