Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Pelayanan Bus AKAP dan AKDP di Jabodetabek Dihentikan

Kompas.com - 25/04/2020, 10:23 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai Jumat (24/4/2020) pukul 00.00 WIB, semua pelayanan bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) seluruh terminal di Jabodatabek dihentikan.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana Pramesti, mengatakan, langkah ini dilakukan sebagai tindak lanjut terbitnya Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Penghentian pelayanan ini bersifat sementara, yaitu sampai 31 Mei 2020. Diharapkan dengan kebijakan ini bisa menghambat pergerakan orang yang berpotensi menyebarkan penyakit Covid-19 ke daerah lain,” kata Polana dalam siaran resmi, Sabtu (25/4/2020).

Baca juga: Ancaman Penjara dan Denda Rp 100 Juta bagi Pemudik Berlaku 7 Mei 2020

kondisi terminal Tanjung Priok setelah pemberlakuan larangan mudik, Jumat (24/4/2020)dok. Terminal Tanjung Priok kondisi terminal Tanjung Priok setelah pemberlakuan larangan mudik, Jumat (24/4/2020)

Mengingat seluruh wilayah Jabodetabek sudah menjadi zona merah. Namun, Polana juga menjelaskan, penghentian operasi pelayanan tidak berlaku bagi angkutan perkotaan lintas wilayah di dalam Jabodetabek (Transjabodetabek).

“Misalnya bus yang melayani rute Terminal Baranangsiang Bogor, ke Bekasi itu tetap beroperasi. Namun harus menjalankan protokol kesehatan terkait Covid-19,” ucap Polana.

Baca juga: Perbandingan Dimensi Yaris Cross dengan Honda HR-V dan Suzuki S-Cross

Bagi pengusaha bus AKAP dan AKDP yang beroperasi di luar terminal, sebaiknya jangan coba-coba melakukan hal tersebut. Saat ini telah terdapat 213 check point di lokasi perbatasan keluar Jabodetabek.

“Bagi yang terkena penindakan di check point, akan dikenakan sanksi tidak boleh melanjutkan perjalanan dan kembali ke tempat asal,” kata dia.

Berikut ini daftar terminal bus yang menghentikan pelayanan di Jabodetabek:


1. Terminal Jatijajar Depok
2. Terminal Baranangsiang Bogor
3. Terminal Poris Plawad Kota Tangerang
4. Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan
5. Terminal Kampung Rambutan
6. Terminal Pulogebang
7. Terminal Kalideres
8. Terminal Tanjung Priok
9. Terminal Bekasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com