Salin Artikel

Bagasi Bus Bisa Muat 7 Motor, tapi Bukan Didesain buat Bawa Manusia

JAKARTA, KOMPAS.com – Karena lemahnya pengawasan atau sopir yang tidak mengetahui adanya larangan, sejumlah pemudik nekat duduk di bagasi agar bisa pergi ke kampung halaman tanpa kena razia Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan, mengatakan, hal tersebut memang benar terjadi di Jakarta.

“Kejadiaannya di Ciledug, tapi bukan terminal resmi. Karena takut ada razia jadi penumpang itu mau duduk di dalam bagasi dulu,” ujar Sani, kepada Kompas.com (25/4/2020).

Setelah melewati pos pemeriksaan, baru kemudian bus tersebut bongkar muatan dan menaikkan penumpang yang ada di bagasi ke dalam kabin.

Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana, mengatakan, rata-rata bagasi bus AKAP memang cukup luas untuk dimuati. Bahkan tidak hanya orang, beberapa sepeda motor pun muat di sana.

Meski begitu, ukuran bagasi bus ternyata berbeda-beda tergantung jenis sasis dan ukuran bus. Jadi tidak bisa disamaratakan.

“Ada yang High Deck (HD), Single High Deck (SHD). Tapi bagasi paling besar itu Extra HD atau jenis tronton, pasti lebih luas dan lega, yang rodanya ada empat di belakang,” ujar Werry, kepada Kompas.com (26/4/2020).

“Bagasi bus SHD biasanya memiliki lebar 2,4 meter, panjangnya sekitar 6 meter, dan tinggi sekitar 1 meter. Sasis bus juga menentukan ukuran bagasi, Hino dan Mercedes-Benz beda ukuran bagasinya,” katanya.

Karena ukuran yang terbatas dan tak seluas ruang kabin, bagasi hanya diperuntukkan bagi barang-barang. Seperti tas, kardus, karung, hingga sepeda motor.

“Sering juga sepeda motor, terutama bus tujuan Sumatera, banyak itu biasanya. Satu bus single deck biasanya bisa membawa 6 sampai 7 motor di bagasi. Itu pun masih muat beberapa tas dan kardus,” ucap Werry.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/26/160100615/bagasi-bus-bisa-muat-7-motor-tapi-bukan-didesain-buat-bawa-manusia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.