Dilarang Mudik, Tidak Ada Lonjakan Servis Mobil

Kompas.com - 23/04/2020, 07:42 WIB
Ilustrasi bengkel mobil CARfix CARfixIlustrasi bengkel mobil CARfix

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang bulan puasa dan hari raya Lebaran, bengkel mobil biasanya mengalami peningkatan jumlah konsumen. Mereka biasanya melakukan perawatan berkala dan pengecekan, agar kondisi mobil selalu siap serta aman untuk mudik alias dibawa berkendara jauh ke kampung halaman.

Namun, dengan keluarnya aturan dilarang mudik mulai 24 April 2020, jumlah konsumen yang melakukan servis di bengkel diprediksi mengalami penurunan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sigit Wahyu Anggoro, Group Head Marketing CARfix Indonesia, mengatakan, pelarangan mudik akan berdampak pada jumlah konsumen yang datang untuk melakukan servis ke bengkel.

Baca juga: Banting Harga, Diskon Fortuner Tembus Rp 100 Juta, Innova Rp 70 Juta

 

Ilustrasi bengkel mobil CARfixCARfix Ilustrasi bengkel mobil CARfix

Seperti diketahui kampanye physical distancing dan work from home (WFH), sudah cukup membuat orang enggan beraktivitas di luar rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apalagi ditambah aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta sejak 10 April lalu, membuat orang semakin jarang menggunakan kendaraannya.

“Penurunan konsumen mulai terjadi di awal April 2020, kami siapkan beberapa paket servis yang lebih hemat supaya mobil pelanggan bisa tetap terawat meskipun kondisi ekonomi belum membaik,” ujar Sigit, kepada Kompas.com (22/4/2020).

Baca juga: Jadi Hanya Kendaraan dari Zona Merah yang Dilarang Mudik

Ilustrasi servis di bengkel mobil CARfixCARfix Ilustrasi servis di bengkel mobil CARfix

Menurutnya, jumlah konsumen biasanya mengalami lonjakan pada satu atau dua bulan sebelum Hari Raya. Peningkatan akan makin terasa pada H-2 minggu dan H-1 minggu Lebaran.

“Kalau melihat benchmark tahun-tahun sebelumnya masa sebelum puasa seperti ini sudah meningkat karena banyak yang mulai ziarah,” ucap Sigit.

“Tapi tidak terjadi di masa sekarang ini, mungkin masyarakat mematuhi aturan untuk tidak mudik,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.