Jangan Malas Cek Kondisi Cairan Rem Sepeda Motor

Kompas.com - 22/04/2020, 19:01 WIB
Rem Cakram pada motor Rem Cakram pada motor
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna sepeda motor juga wajib memperhatikan cairan rem. Menyepelekan cairan rem karena bisa berakibat fatal, sebab dapat membuat rem tidak berfungsi maksimal.

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Dicipta Motora (DAM), mengatakan, idealnya cairan rem diganti setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai 24.000 Km, mana yang lebih dulu.

Baca juga: Teknologi Girboks Seamless pada Motor Balap MotoGP, Mirip Motor Matik

“Walaupun jarak penggantian berkala cukup lama, namun sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara visual kondisi minyak rem yang ada pada tank master rem, baik pemeriksaan kuantitas maupun kualitasnya,” katanya belum lama ini.

Master rem yang disediakan di toko ARM Motor.Ghulam/Otomania Master rem yang disediakan di toko ARM Motor.

Ade mengatakan penting memperhatikan kuantias cairan rem. Cukup lihat indikator di master rem, jika sudah menyentuh tanda ''lower'' maka sebaiknya ditambah sampai mencapai tanda "upper."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Polisi Larang Mobil, Motor, dan Angkutan Umum Keluar dari Jadetabek

Sedangkan pemeriksaan kualitas cairan remnya, dapat dilihat dari warna minyak rem tersebut. Semakin gelap warnanya, maka mengindikasikan kualitasnya yang sudah semakin berkurang.

"Ganti sil master rem jika sudah terasa ada hal ganjil saat pengereman. Beberapa yang biasanya dikeluhkan yakni tuas rem terasa blong ketika ditekan atau justru sangat keras tapi tidak ngerem," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.