Begini Cara Beli Tiket Bus Online, Bebas Antre di Terminal

Kompas.com - 21/04/2020, 07:42 WIB
agen bus akap PO putera mulyaagen bus akap

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembelian tiket bus antar kota antar provinsi (AKAP) kini tidak perlu pergi ke terminal, namun bisa dilakukan dari rumah. Walaupun membeli tiket lewat terminal maupun agen tetap bisa dilakukan.

Memasuki masa pandemi virus corona atau Covid-19, maka physical distancing perlu di lakukan. Meskipun ada imbauan untuk tidak mudik, tapi pemerintah juga tidak melarang, maka langkah pencegahan harus dilakukan, salah satunya membeli tiket bus via online.

Kompas.com mencoba merangkum cara memesan tiket via online, pasalnya mungkin bagi sebagian masyarakat belum mengetahui metodenya. Simak pemaparan berikut ini!

Baca juga: Jurus Sederhana Bikin Maling Malas Mencuri Mobil

agen bus akapadiechipoy agen bus akap

Membeli tiket secara online bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu melalui aplikasi seperti Traveloka, Redbus, Bosbis, dan Easybook. Kedua, ada juga Perusahaan Otobus (PO) yang memiliki sistem pemesanan tiket online sendiri. Terakhir, yaitu melalui pesan singkat Whatsapp.

Pemesanan tiket secara online ini memudahkan orang yang tidak sempat untuk pergi ke terminal atau agen. Jika mendatangi terminal ataupun agen, pembeli harus datang jauh hari sebelum berangkat mudik.

Sedangkan dengan cara online, pembeli tiket bisa memesan dari rumah, lalu mendatangi agen atau terminal pada hari keberangkatan. Ketika membeli tiket dengan cara online, pembeli harus menukar tiket elektroniknya di agen atau tempat keberangkatannya.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi SUV Baru Toyota Berbasis Yaris

Via Aplikasi

Pertama, buka aplikasinya, bisa dengan diunduh pada telepon genggam ataupun melalui website resminya. Setelah itu pilih lokasi keberangkatan, kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.

Setelah itu akan ditampilkan daftar bus yang tersedia untuk trayek yang diinginkan beserta harganya. Pilih bus dengan kelas dan harga yang diinginkan. Lalu, isi data diri seperti nama sesuai tanda pengenal, nomor HP, dan email untuk pengiriman tiket elektronik.

Prakash Sangam - CEO redBus dan Danan Christadoss - Country Head redBus Indonesia pada Peluncuran Aplikasi redBus, Platform Pemesanan Tiket Bus & Shuttle Online Terbesar di Dunia. Hingga kini redBus telah menghubungkan lebih dari 150 kota dan melayani lebih dari 1.400 rute unik di IndonesiaRedBus Prakash Sangam - CEO redBus dan Danan Christadoss - Country Head redBus Indonesia pada Peluncuran Aplikasi redBus, Platform Pemesanan Tiket Bus & Shuttle Online Terbesar di Dunia. Hingga kini redBus telah menghubungkan lebih dari 150 kota dan melayani lebih dari 1.400 rute unik di Indonesia

Selanjutnya akan ditampilkan detail pemesanan dan nomor kursi. Lalu bisa melanjutkan dengan proses pembayaran. Metode yang disediakan seperti kartu kredit, transfer, ATM, ataupun melalui mini market.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.