Mitos atau Fakta, Berkendara Sore Hari Butuh Konsentrasi Lebih?

Kompas.com - 20/04/2020, 18:44 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara pada siang hari memiliki karakteristik yang berbeda dengan keadaan pada malam hari. Pasalnya, pada siang hari pengemudi bisa melihat kondisi jalan dan sekitarnya dengan jelas.

Sementara pada malam hari, lampu mobil hanya menerangi bagian depan saja. Sedangkan, sekelilingnya hanya terlihat samar-samar, jarak pandang pengemudi pun terbatas.

Paling krusial adalah waktu saat peralihan antara terang dan gelap, semisal jam enam sore saat waktu Maghrib.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan, pada waktu tersebut peluang kecelakaan bisa meningkat.

Baca juga: Pengendara Moge Kabur dari Razia PSBB, Polisi: Ini Tidak Menghargai Petugas

Ilustrasi berkendara di bulan puasaAFP PHOTO/FAYEZ NURELDINE Ilustrasi berkendara di bulan puasa

“Dalam kondisi peralihan dari gelap ke terang, mata kita butuh istirahat sejenak untuk penyesuaian. Saya sarankan istirahat sejenak di waktu Maghrib,” ujar Jusri saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Video Moge Kabur dari Razia Polisi, Klub Motor Sarankan Jangan Sunmori Dulu

Jusri menjelaskan, mengemudi pada malam hari butuh kerja lebih keras. Mulai dari mata, otak, dan anggota badan harus dapat menyesuaikan kondisi alam yang mulai gelap.

“Mata yang paling berat bebannya, karena saat gelap dipaksa untuk menyerap lebih banyak sinar agar pandangan ke jalan tetap jelas. Belum lagi sorot lampu dari arah berlawanan,” katanya.

Kalau sudah begitu, sebaiknya pengemudi beristirahat agar bisa memejamkan mata sejenak, atau melihat suatu objek yang jauh dan dekat secara bergantian.

Memijat bagian otot mata atau sambil senam ringan juga bisa dilakukan, gunanya untuk melancarkan peredaran darah dan melemaskan persendian.

“Intinya jangan memaksa diri kalau sudah lelah. Menggunakan kaca mata hitam saat berkendara siang hari juga membantu agar mata tidak cepat lelah,” kata Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.