Asal Pasang Kaca Film Sinyal Ponsel Bisa Hilang, Begini Penjelasannya

Kompas.com - 21/04/2020, 07:12 WIB
pasang kaca film Kompas.com/Fathan Radityasanipasang kaca film
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasang kaca film pada mobil sudah menjadi sebuah kebutuhan. Tapi perlu diingat, bila asal pilih dan pasang kaca film ternyata bisa merugikan.

Pasalnya, ada beberapa jenis kaca film yang ternyata bisa menggangu atau bahkan merusak sinyal ponsel.

Alhasil, Anda tak bisa menerima atau melakukan panggilan, bahkan tak dapat memanfaatkan fasilitas internet seperti layanan peta digital dan lainnya.

Menurut Division Head Comersial Solutin 3M Indonesia Razi Raziasyah, ada beberapa ciri dari kaca film mobil yang yang memiliki sifat menggangu sinyal ponsel.

Baca juga: Jurus Sederhana Bikin Maling Malas Mencuri Mobil

"Kaca film yang bisa merusakan sinyal itu relatif tampilannya cemerlang atau mengkilat. Hal tersebut karena ada lapisan bahan metal yang jenis komponennya bisa menggangu sinyal," ucap Razi belum lama ini.

Proses pemasangan kaca film 3MKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Proses pemasangan kaca film 3M

Seperti diketahui, biasanya kaca film terdiri dari tiga jensi bahan dasar, yakni nano metal, nano carbon, dan nano ceramic. Ganguan sinyal pada ponsel bisa terjadi bila pengguna memilih bahan nano metal.

Sementara itu, CEO Makko Group Christopher Sebastian juga mengatakan hal yang sama. Bahkan dia juga menepis adanya anggapan yang mengatakan bila kaca film gelap bisa menggangu sinyal.

Baca juga: Video Pengendara Moge Kabur dari Razia PSBB dan Nyaris Tabrak Polisi

Kaca film Solar GardIstimewa Kaca film Solar Gard

Menurut Christopher, terganggunya sinyal ponsel atau jaringan radio pada mobil tidak berpengaruh pada kadar gelapnya sebuah kaca film, melainkan dari bahan dasar kaca film itu sendiri.

"Sinyal HP dan radio akan terpengaruh bila menggunakan kaca film berbahan logam," ucap Christopher beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.