Plus Minus Beli Tiket Bus Online, Bisa Dapat Promo

Kompas.com - 21/04/2020, 08:22 WIB
ilustrasi beli tiket bus online liputan6.comilustrasi beli tiket bus online

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemesanan tiket bus antar kota antar provinsi (AKAP) pada saat ini bisa dilakukan dengan cara online, tidak perlu pergi ke agen bus beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan.

Dimas Raditya, anggota dari Forum Bismania Indonesia, mengatakan, membeli tiket bus dengan online memiliki banyak keuntungan. Apalagi untuk orang yang memiliki aktivitas lain sehingga tidak bisa membeli langsung ke agen atau terminal.

“Membeli tiket bus dengan online memiliki proses yang mudah dan simpel, cocok untuk orang yang sibuk dan ingin praktis. Lalu bisa juga dapat promo dari aplikasinya,” kata Dimas kepada Kompas.com, Senin (20/4/2020).

Baca juga: Pengendara Moge Kabur dari Razia PSBB, Polisi: Ini Tidak Menghargai Petugas

tiket bus akapkaskus tiket bus akap

Perusahaan Otobus (PO) juga sudah banyak yang melakukan kerjasama dengan aplikasi pemesanan tiket bus online. Seperti yang dilakukan PO Harapan Jaya yang bekerja sama dengan easybook dan redbus. Jika membeli lewat aplikasi tersebut, bisa mendapatkan potongan harga tiket.

Namun dibalik keuntungannya, terdapat kekurangan ketika beli tiket bus online. Seperti bagi orang yang tidak biasa menggunakan pembayaran elektronik, akan mengalami kesulitan.

Lalu ada beberapa PO bus yang tidak menyediakan memilih posisi tempat duduk, jika membeli via online. Posisi bangku penumpang baru bisa diketahui ketika menukar bukti pembayaran dengan tiket fisik, semacam proses boarding ketika naik pesawat.

Baca juga: Ini Beda Teknologi Immobilizer dan Keyless pada Mobil

Memang bagi orang yang sudah terbiasa dengan pembayaran online, tidak akan masalah dengan cara digital. Selain itu untuk orang yang awam, juga tidak terlalu mementingkan posisi duduk ketika bepergian.

Penggemar bus biasanya ingin memilih posisi tempat duduk, agar bisa menikmati perjalanan. Selain itu, beberapa penggemar bus juga senang dalam mengoleksi tiket bus dengan desain fisik yang keren dan hanya bisa didapatkan jika membeli di agen resmi atau kantor perwakilan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.