Imbas Pandemi, Produksi Mitsubishi Xpander Dihentikan Pekan Ini

Kompas.com - 20/04/2020, 07:02 WIB
Pabrik Mitsubishi Outlander. AutomobilemagPabrik Mitsubishi Outlander.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) bakal menghentikan sementara produksi mobil di Tanah Air, imbas pandemi virus corona alias Covid-19.

Meski belum bisa dijelaskan secara detail, penghentian aktivitas pabrik Mitsubishi di kawasan GIIC, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat tersebut, dilakukan mulai pekan ini.

"Produksi kami telah disesuaikan, tapi masih ada kewajiban untuk pasar ekspor dan domestik yang harus dipenuhi. Sehingga, minggu ini (13-17 April 2020) kami masih memiliki aktivitas produksi," kata HR & GA Director MMKI Prianto kepada Kompas.com, Sabtu (18/4/2020).

Baca juga: PSBB Diperluas, Toyota Tutup Diler di Bogor, Depok, dan Bekasi

Bagian dalam pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang terletak di kawasan industry GIIC Deltamas, Bekasi, Jawa Barat.Istimewa Bagian dalam pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang terletak di kawasan industry GIIC Deltamas, Bekasi, Jawa Barat.

"Kami memiliki rencana untuk menghentikan sementara produksi pada awal minggu depan, tetapi kami belum dapat memberikan informasi secara detail pada saat ini," lanjut dia.

Adapun masa pemberhentian pabrik Mitsubishi sendiri, mengikuti jadwal Pembatasan sosial Berskala Besar (PSBB) dan kebijakan-kebijakan lain yang bersangkutan.

Pada kesempatan sama, Prianto juga menyatakan bahwa hingga saat ini MMKI selalu mengikuti kebijakan pemerintah dalam upaya menghentikan penyebaran virus corona melalui penerapan protokol kesehatan sesuai aturan berlaku.

Baca juga: PSBB Diperluas, Daihatsu Tutup 68 Diler dan Perpanjang Stop Pabrik

Kompas.com menjajal SUV terbaru Outlander PHEV di pabrik Mitsubishi di Okazaki, Jepang.MMC Kompas.com menjajal SUV terbaru Outlander PHEV di pabrik Mitsubishi di Okazaki, Jepang.

"Guna menjamin kesehatan dan keselamatan karyawan, keluarga karyawan, dan lingkungan terdekat, kami telah menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan serta berkonsentrasi pada produksi hanya untuk pemenuhan kewajiban. Sehingga, keterlibatan karyawan bisa dikurangi signifikan," kata dia.

"Kondisi ini masih terus dimonitor dan dapat berubah berdasarkan kondisi terkini," tambah Prianto.

Untuk diketahui, pabrik Mitsubishi ini memiliki kapasitas 220.000 unit per tahun. Produk yang dihasilkan adalah Pajero Sport, Xpander, dan Nissan Livina.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X