Kompas.com - 19/04/2020, 10:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam memodifikasi mobil, ada hal yang lebih penting dari sekadar biaya. Konsep yang jelas dan matang jadi faktor penentu untuk menghasilkan hasil karya yang menarik serta istimewa.

Julian Johan alias Jeje, Founder Komunitas JB74.ID yang menaungi pecinta Jimny generasi keempat di Indonesia, mengatakan, ada banyak cara yang bisa dilakukan pemilik Jimny dalam menggarap mobilnya.

“Biasanya pemilik Jimny akan ganti ban atau pelek, kemudian menyusul pasang aksesoris offroad lainnya,” ujar Jeje, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Deretan Motor Lawas yang Harganya Semakin Mahal

Ilustrasi Suzuki Jimny bergaya Katana lawasInstagram/@redhitama Ilustrasi Suzuki Jimny bergaya Katana lawas

“Tapi belakangan juga ada yang mengubah Jimny jadi lebih retro, dengan mengikuti desain Katana tahun 1990-an, ini murah meriah tapi hasilnya keren,” katanya.

Jeje mengatakan, untuk mengubah Jimny generasi keempat agar bercita rasa retro butuh beberapa komponen. Menariknya, komponen-komponen bisa dicari dengan mudah di pasaran.

“Pertama bisa dimulai dari pelek, kalau teman saya pakai pelek Escudo, selain itu bisa juga pakai pelek kaleng,” ucap Jeje.

Baca juga: Lalu Lintas Justru Ramai Saat PSBB Jakarta, Ini Penjelasannya

Ilustrasi Pelek Besitokopedia Ilustrasi Pelek Besi

Menurutnya, agar sesuai konsep pilihlah pelek berwarna alloy atau perak seperti pelek OEM mobil pada zamannya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengecat pelek apapun yang sesuai dengan pilihan warna tersebut.

“Itu kan pakai pelek bekas, satu setnya paling sekitar Rp 1 jutaan sampai Rp 2 jutaan. Bannya nanti bisa menyesuaikan, tergantung pilihan,” kata Jeje.

Baca juga: Kemungkinan PSBB Jakarta Diperpanjang, Ganjil Genap Siap Mengikuti

Ilustrasi Suzuki Jimny modifikasi bergaya KatanaInstagram/@ridwanhr Ilustrasi Suzuki Jimny modifikasi bergaya Katana

Selain itu, juga pasang stiker bodi dan cover ban serep belakang. Jeje menambahkan, dua komponen ini paling penting bagi pemilik Jimny yang ingin mengubah tampilan ala Katana lawas.

“Stiker Katana sama cover ban serep bisa dicari di marketplace, harganya masing-masing sekitar Rp 100.000, murah tapi langsung terasa banget jadulnya,” ujar Jeje.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.