Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Mobil Pakai Ban Off-road untuk Harian

Kompas.com - 18/04/2020, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi mobil bisa membuat penampilan menjadi lebih enak dilihat. Melakukan ubahannya tidak harus ekstrim, tetapi dengan mengganti ban saja sudah tampil beda.

Apalagi pada SUV, mengganti tipe ban dari model biasa ke Mud-Terrain (M/T) bisa menjadikan penampilannya berubah. Model tapak bannya yang lebih berongga, membuat penampilan mobil terlihat lebih garang.

Ban M/T sebenarnya dibuat untuk melewati medan yang berlumpur atau off-road. Namun saat ini, sudah banyak orang yang mengganti bannya dengan model M/T hanya demi penampilan, bukan untuk dipakai off-road.

Baca juga: Sepekan PSBB di Jakarta, Ojol Teriak Makin Susah Dapat Orderan

fortunerjip gridoto fortuner

Lalu bagaimana jika ban M/T digunakan pada kendaraan yang dipakai harian atau di kondisi jalan yang mulus?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk., mengatakan, ban M/T saat ini sudah berkembang, sudah disesuaikan untuk pemakaian sehari-hari, jadi kurang lebih sama dengan yang biasa.

Baca juga: Penumpang Sumatera Banyak yang Cari Bus Premium tapi Non-AC

Ban mobil M/T saat ini sudah dibuat bisa untuk harian, untuk keawetannya, compound M/T belum tentu lebih keras dibanding yang biasa. Lalu untuk konsumsi bahan bakarnya, relatif sama dengan ban yang biasa,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Saat ini, lanjut Zulpata, ban M/T yang sudah dibuat sedemikian rupa agar nyaman dipakai harian, suara yang dikeluarkan juga sudah tidak terlalu berisik, tak beda jauh dibanding ban All-Terrain (A/T).

“Ban M/T yang terbaru sudah tidak monoton lagi suaranya, sekarang lebih halus noise nya, hampir sama dengan ban A/T,” kata Zulpata.

Menggunakan ban off-road memang sah-sah saja, namun akan lebih baik jika sesuai dengan kebutuhannya. Seperti untuk pemakaian sehari-hari dan melewati jalan yang bagus, tidak perlu ganti ban yang untuk off-road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com