Waspada Curanmor, Kunci Setang Motor ke Kanan Lebih Aman

Kompas.com - 18/04/2020, 08:02 WIB
Setang sepeda motor yang ditengokkan ke kanan (khusus untuk motor Honda) dan dikunci, cukup merepotkan maling karena tak leluasa menjangkau lubang kunci. Otomania-Donny AprilianandaSetang sepeda motor yang ditengokkan ke kanan (khusus untuk motor Honda) dan dikunci, cukup merepotkan maling karena tak leluasa menjangkau lubang kunci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi sepeda motor yang jarang dipakai dan parkir di teras rumah kerap dijumpai di perumahan warga saat ini, selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Jumlah pengangguran yang kemungkinan besar bertambah akibat pandemi virus corona (Covid-19), membuat praktik pencurian kendaraan bermotor jadi marak. Untuk mencegahnya, bisa dengan cara yang relatif sederhana.

Adalah adalah mengunci setang motor ke arah kanan. Cara seperti ini tidak sulit untuk dilakukan dan bisa diterapkan, khususnya pada motor matik.

Baca juga: NMAX Sudah Terkoneksi ke Ponsel, Bisa Sulitkan Maling?

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan, mengatakan mengunci setang motor ke arah kanan sangat berpengaruh untuk mengurangi resiko motor dicuri maling.

Cover kunci kontak Yamaha NMAXAditya Maulana, Otomania Cover kunci kontak Yamaha NMAX

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebab, posisi maling saat membobol diperlukan tenaga dan ruang yang cukup. Jika setang menghadap ke kanan posisi tersebut akan sangat mengganggu ruang gerak," kata Asep, kepada Kompas.com.

Asep menambahkan, maling biasanya memakai kunci ''T'' untuk membobol kunci kontak. Namun, dengan adanya setang yang diposisikan menghadap kanan, ruang geraknya jaditidak leluasa.

Baca juga: Pengaman Motor Jadul yang Cukup Efektif Tangkis Maling

"Dengan begitu, maling akan kesulitan karena biasanya dimensi kunci T lebih panjang dari kunci biasa. Biasanya, customer AHASS kami anjurkan mengunci setang ke arah kanan," kata Asep.

Menurut Asep, cara tersebut terlihat sepele tapi berpengaruh besar. Sebab maling harus punya daya dorong dan tenaga puntir dari kunci tersebut untuk membobol rumah kunci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.