Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Curanmor, Kunci Setang Motor ke Kanan Lebih Aman

Kompas.com - 18/04/2020, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi sepeda motor yang jarang dipakai dan parkir di teras rumah kerap dijumpai di perumahan warga saat ini, selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Jumlah pengangguran yang kemungkinan besar bertambah akibat pandemi virus corona (Covid-19), membuat praktik pencurian kendaraan bermotor jadi marak. Untuk mencegahnya, bisa dengan cara yang relatif sederhana.

Adalah adalah mengunci setang motor ke arah kanan. Cara seperti ini tidak sulit untuk dilakukan dan bisa diterapkan, khususnya pada motor matik.

Baca juga: NMAX Sudah Terkoneksi ke Ponsel, Bisa Sulitkan Maling?

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan, mengatakan mengunci setang motor ke arah kanan sangat berpengaruh untuk mengurangi resiko motor dicuri maling.

Cover kunci kontak Yamaha NMAXAditya Maulana, Otomania Cover kunci kontak Yamaha NMAX

"Sebab, posisi maling saat membobol diperlukan tenaga dan ruang yang cukup. Jika setang menghadap ke kanan posisi tersebut akan sangat mengganggu ruang gerak," kata Asep, kepada Kompas.com.

Asep menambahkan, maling biasanya memakai kunci ''T'' untuk membobol kunci kontak. Namun, dengan adanya setang yang diposisikan menghadap kanan, ruang geraknya jaditidak leluasa.

Baca juga: Pengaman Motor Jadul yang Cukup Efektif Tangkis Maling

"Dengan begitu, maling akan kesulitan karena biasanya dimensi kunci T lebih panjang dari kunci biasa. Biasanya, customer AHASS kami anjurkan mengunci setang ke arah kanan," kata Asep.

Menurut Asep, cara tersebut terlihat sepele tapi berpengaruh besar. Sebab maling harus punya daya dorong dan tenaga puntir dari kunci tersebut untuk membobol rumah kunci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com