Salin Artikel

Fenomena Mobil Pakai Ban Off-road untuk Harian

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi mobil bisa membuat penampilan menjadi lebih enak dilihat. Melakukan ubahannya tidak harus ekstrim, tetapi dengan mengganti ban saja sudah tampil beda.

Apalagi pada SUV, mengganti tipe ban dari model biasa ke Mud-Terrain (M/T) bisa menjadikan penampilannya berubah. Model tapak bannya yang lebih berongga, membuat penampilan mobil terlihat lebih garang.

Ban M/T sebenarnya dibuat untuk melewati medan yang berlumpur atau off-road. Namun saat ini, sudah banyak orang yang mengganti bannya dengan model M/T hanya demi penampilan, bukan untuk dipakai off-road.

Lalu bagaimana jika ban M/T digunakan pada kendaraan yang dipakai harian atau di kondisi jalan yang mulus?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk., mengatakan, ban M/T saat ini sudah berkembang, sudah disesuaikan untuk pemakaian sehari-hari, jadi kurang lebih sama dengan yang biasa.

“Ban mobil M/T saat ini sudah dibuat bisa untuk harian, untuk keawetannya, compound M/T belum tentu lebih keras dibanding yang biasa. Lalu untuk konsumsi bahan bakarnya, relatif sama dengan ban yang biasa,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Saat ini, lanjut Zulpata, ban M/T yang sudah dibuat sedemikian rupa agar nyaman dipakai harian, suara yang dikeluarkan juga sudah tidak terlalu berisik, tak beda jauh dibanding ban All-Terrain (A/T).

“Ban M/T yang terbaru sudah tidak monoton lagi suaranya, sekarang lebih halus noise nya, hampir sama dengan ban A/T,” kata Zulpata.

Menggunakan ban off-road memang sah-sah saja, namun akan lebih baik jika sesuai dengan kebutuhannya. Seperti untuk pemakaian sehari-hari dan melewati jalan yang bagus, tidak perlu ganti ban yang untuk off-road.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/18/104200915/fenomena-mobil-pakai-ban-off-road-untuk-harian

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.