Akhir Pekan, Lalu Lintas di Jakarta dan Jalan Tol Tidak Normal

Kompas.com - 12/04/2020, 13:35 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Aturan ini diterapkan mulai dari 10 hingga 23 April 2020.

Dampak dari adanya aturan ini, membuat kondisi dan situasi lalu lintas pada akhir pekan yang biasanya cenderung padat baik di hari biasa dan akhir pekan, kini menjadi lengang dan sepi.

Berdasarkan laporan dari akun twitter @tmcpoldametro, beberapa titik yang biasanya macet, dikabarkan saat ini dalam kondisi lancar. Mulai dari Arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto Semanggi menuju Kuningan dan sebaliknya.

Baca juga: Ini Aturan Bawa Penumpang untuk Kendaraan Pribadi Selama PSBB Jakarta

Arus lalu lintas di lampu merah Jalan Printis Jakarta Utara juga dikabarakan lancar bahkan cenderung sepi, termasuk di lampu merah Halim Baru atau Cawang UKI yang mengarah ke Pancoran.

Sementara itu, beberapa operasi pengecekan kendaraan selama PSBB juga tetap diberlakukan pada beberapa titik.

Sementara untuk kondisi di jalan tol sendiri, terpantau baik lalu lintas yang mengarah ke Cawang dan Semanggi juga lengang sejak pagi tadi. Untuk pintu tol Halim, via cctv live Jasa Marga juga terpantau sepi.

Baca juga: PSBB Bogor, Ini 6 Lokasi Razia di Wilayah Bogor

Begitu juga kondisi di Gerbang Tol Cikunir pada pukul 13.10 WIB yang terpantau lancar tanpa ada kepadatan.

Sementara untuk ruas tol Jagorawi sendiri, tepatnya di Gerbang Tol Cibubur terpatau kondisi lalu lintas yang sama, yakni lengang bahkan cenderung sepi.

Ketika menanyakan soal penurunan volume kendaraan di jalan tol, Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Faiza Riani mengatakan, memang telah terjadi penurunan sejak adanya wabah corona (Covid-19).

Sejumlah kendaraan keluar Gerbang Tol Bogor di Ciheuleut, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/4/2020). Gerbang tol Bogor yang biasanya dipadati kendaraan saat libur akhir pekan bertepatan dengan Hari Paskah tersebut terlihat lengang sejak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/pras.ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH Sejumlah kendaraan keluar Gerbang Tol Bogor di Ciheuleut, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/4/2020). Gerbang tol Bogor yang biasanya dipadati kendaraan saat libur akhir pekan bertepatan dengan Hari Paskah tersebut terlihat lengang sejak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/pras.

"Selama Covid-19 atau khususnya sejak ada imbauan kebijakan work from home (WFH) dari pemerintah, secara umum terjadi penrunan lalu litas di ruas-ruas yang dioperasikan Jasa Marga Group," kata Faiza dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Minggu (12/4/2020).

"Untuk angka volumenya bervariasi, sebagian memang turun signifikan. Tapi kami memastikan pelayanan kami kepada pengguna jalan tol tetap sesuai standar dalam SPM yang diterapkan pemerintah," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.