Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSBB, Jam Operasional Terminal Bus AKAP di Jakarta Dibatasi

Kompas.com - 12/04/2020, 10:01 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain melakukan pembatasan jumlah penumpang dan operasional transportasi umum, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta rupanya juga mempercepat waktu operasional terminal bus antarkota antar provinsi (AKAP) di masa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Hal ini terlampir dalam surat nomor 1747/-1.77211 yang menyampaikan bila mulai Senin (13/4/2020) empat terminal bus AKAP di wilayah DKI, yakni Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kali Deres, Terminal Tanjung Priok, dan Terminal Terpadu Pulo Gebang hanya akan beroperasi dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Saat mengkonfirmaskan hal ini, Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, membenarkan adanya pengaturan jam operasional empat terminal tersebut.

Menurut dia, regulasi tersebut dibuat menyusul terbitnya Peraturan Gubernur No.33 Tahun 2020 tentan PSBB di wilayah Jakarta.

Ilustrasi bus AKAP di sebuah terminaltribunnews.com Ilustrasi bus AKAP di sebuah terminal

Baca juga: Saat PSBB Jakarta, Polisi Razia Posisi Tempat Duduk Bus

"Termasuk dalam satu paket teknis PSBB di bidang pembatasan transportasi dan pergerakan orang. Jadi mulai Senin nanti hanya beroperasi hingga pukul 18.00 WIB," kata Syafrin kepada Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Terkait adanya aturan sementara ini, Syafrin juga telah meminta untuk para operator dan PO Bus AKAP melakukan revisi mengenai pengaturan jam keberangkatan dan kedatangan penumpang, terutama di empat terminal tadi.

Syafrin menjelaskan Dishub juga telah berkoordinasi dan meminta bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, agar bisa mengatur dan menyesuaikan jam keberangkatan dan kedatangan untuk bus AKAP dari dan ke Jakarta.

Arus calon penumpang mudik Lebaran di Terminal Pulogadung, Jakarta, terlihat padat, Senin (26/1/1998).KOMPAS/EDDY HASBY Arus calon penumpang mudik Lebaran di Terminal Pulogadung, Jakarta, terlihat padat, Senin (26/1/1998).

Baca juga: Hari Pertama PSBB Jakarta, 81 Kendaraan Masih Langgar Aturan

"Sudah dilakukan koordinasi, jadi kami harap bisa disesuaikan jam keberangkatan dan kedarangan penumpangnya karena setelah pukul 18.00 WIB tak ada aktivitas lagi di empat terminal tersebut," ujar Syafrin.

"Pembatasan jam operasional ini bersifat sementara menyesuaikan penerapan PSBB hingga 23 April nanti. Tapi tentunya akan ada evaluasi kembali apakah nanti PSBB diperpanjang atau memang sampai tanggal itu saja," ujar Syafrin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com