Selama PSBB Jakarta, Taksi dan Online Maksimal Angkut 2 Orang

Kompas.com - 11/04/2020, 17:42 WIB
Layanan GoCar di aplikasi GoJek. KOMPAS.com/Bill ClintenLayanan GoCar di aplikasi GoJek.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta membuat berbagai aktivitas terganggu. Salah satu diantaranya, adalah layanan transportasi berbasis daring, taksi online, atau ride hailing.

Kini, penumpang di layanan transportasi roda empat online yang bernaung di bawah GoJek dan Grab, yaitu GoCar, GoBlueBird, dan GrabCar, dibatasi maksimum hanya dua orang saja.

Pembatasan jumlah penumpang dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) melalui penerapan physical distancing, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 yang diturunkan secara rinci di Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020.

Baca juga: Selama PSBB Jakarta, Ini yang Diperiksa Polisi Saat Razia Kendaraan

Pemberitahuan di aplikasi Grab bahwa layanan GrabCar hanya diperbolehkan mengangkut maksimal dua penumpang selama masa PSBB di DKI Jakarta.Grab Pemberitahuan di aplikasi Grab bahwa layanan GrabCar hanya diperbolehkan mengangkut maksimal dua penumpang selama masa PSBB di DKI Jakarta.

Pihak Grab juga sudah mengumumkan penyesuaian ini melalui di pesan singkat dan aplikasi pada Jumat (10/4/2020). Pada pemberitahuan tersebut, tertulis bahwa layanan GrabCar, GrabCar Plus, GrabCar Elektrik, serta GrabCar Airport hanya mengangkut maksimal dua orang.

Sementara layanan GrabCar XL dan GrabRent, maksimal penumpang yang diperbolehkan adalah tiga orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun layanan GoCar dan GoBlueBird yang bernaung di bawah GoJek, maksimal penumpang yang diangkut adalah dua orang selama 14 hari PSBB, yakni 10-23 April 2020.

Baca juga: Asosiasi Ojol Protes Layanan Ojek Hilang dari Aplikasi Gojek dan Grab Saat PSBB

Ilustrasi ojek online, tarif baru ojek onlineShutterstock Ilustrasi ojek online, tarif baru ojek online

"Kami mematuhi keputusan pemerintah DKI Jakarta terkait penerapan PSBB dan kami berharap langkah ini dapat mencegah penyebaran Covid-19," kata Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita di keterangan tertulisnya.

"Transportasi roda empat GoCar dan GoBlueBird masih tersedia dengan maksimal jumlah penumpang dua orang agar physical distancing bisa tetap terjaga," lanjut Nila.

Sedangkan layanan GoRide dan GrabBike tidak bisa diakses oleh pengguna aplikasi di wilayah DKI Jakarta. Tapi pengguna masih bisa memanfaatkan layanan pesan-antar makanan atau barang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.