Begini Cara Benar Merawat Motor Listrik di Rumah Saat Kondisi PSBB

Kompas.com - 11/04/2020, 15:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 atau virus Corona memaksa semua orang untuk sebisa mungkin berada di rumah saja. Dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kendaraan menjadi jarang atau bahkan lama tak terpakai.

Setiap kendaraan yang lama tak dipakai, tetap butuh perawatan. Tak terkecuali dengan motor listrik, yang juga butuh perhatian khusus jika tidak dipakai dalam waktu lama.

Baca juga: Saat PSBB Jakarta, Polisi Lakukan Ini Kepada Penumpang Mobil yang Melanggar

Junardi Hwangshuwei, anggota Komunitas Sepeda/Motor Listrik (Kosmik) Indonesia, mengatakan, baterai akan menghasilkan self-discharge. Tentu saja faktor ini memiliki dampak kecil.

Viar New Q1Kompas.com/Donny Viar New Q1

"Misalnya, baterai seri 12V umumnya tidak kurang dari 13,20V ketika terisi penuh dan stasioner. Jika baterai tidak dipasang di motor listrik, bahkan jika disimpan dua bulan, tegangan diamnya tidak akan lebih rendah dari 12,90V," ujar Junardi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Junardi menambahkan, walaupun tidak dipakai, sebaiknya baterai motor listrik dicabut dari motor. Selain karena baterai ada self discharging, posisi standby motor listrik yang umumnya ada alarm juga tetap menyedot listrik meskipun kecil.

Baca juga: Saat PSBB Jakarta, Polisi Razia Posisi Tempat Duduk Bus

"Sebelum baterai dicabut, harus diisi atau dicas terlebih dahulu sampai penuh. Baterai Sealed Lead Acid (SLA) atau Lithium sama saja, bila hendak kama tidak dipakai, wajib hukumnya untuk dicas penuh," ujar Junardi,

Junardi menyarankan, penyimpanan jangka panjang baterai motor listrik juga tetap harus dicas setidaknya setiap dua bulan sekali.

Jika baterai tidak dicabut dari motor, harus diisi penuh dan dicas setiap satu minggu atau dua minggu sekali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.