Tak Mati Gaya, Beli Mobil Bekas Bisa Dianter ke Rumah

Kompas.com - 08/04/2020, 14:41 WIB
- -
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat meluasnya penyebaran virus corona ( Covid-19) di Indonesia, membuat beberapa perusahaan otomotif memutar otak untuk tetap bisa melayani konsumen tanpa harus meninggalkan rumah.

Kondisi ini tak hanya berlaku bagi penjualan mobil baru saja, tapi juga bagi bisnis mobil bekas. Salah satunya seperti mobil88 yang kini mulai mengencangkan layanan digital dan jemput bola bagi konsumennya.

Direktur Utama Mobil88 Halomoan Fischer mengatakan, mulai April ini pihaknya sudah mulai menerapkan stategi jemput bola dengan metode car on delivery alias COD.

Baca juga: Berburu Diskon Toyota Avanza, Tembus Rp 17 Juta

"Kita mulai terapkan ini sejak ada kabijakan work from home (WFH), dan memang ternyata antusias dari konsumen juga cukup tinggi dengan cara seperti itu. Jadi kita antarkan mobil ke konsumen deal di sana sehingga konsumen bisa tetap di rumah," ucap Fischer saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/4/2020).

- -

Fischer menjelaskan metode ini diterapkan seiring meningkatnya kunjungan konsumen via digital di masa pandemi corona. Sementara untuk kunjungan ke diler sendiri, sudah menurun drastis.

Berangkat dari hal itu, ada indikasi ternyata masih banyak konsumen yang mencari mobil bekas dalam situasi seperti ini. Konsumen sebelumnya juga bisa melakukan pembelian secara daring melalui aplikasi resmi mobil88.

Baca juga: Diskon Mitsubishi Xpander Tembus Rp 20 Juta

Banyak program promosi selama masa pembukaan showroom baru Mobil88 Bekasi.Mobil88 Banyak program promosi selama masa pembukaan showroom baru Mobil88 Bekasi.

Namun menurut Fischer, banyak dari konsumen yang sedikit keberatan dengan harus membayarkan booking fee lebih dulu. Karena itu akhirnya diputuskan untuk menerapkan COD.

"Konsumen banyak keberatan dengan booking fee, padahal meski pun nantinya mereka tidak membeli, uang tetapkan akan kami kembalikan. Mungkin ada kekhawatiran kalau mobilnya tidak sesuai harapan maka proses pengembalian booking fee akan rumit," ucap fischer.

"Sementara market masih percaya bahwa used car itu adalah barang yang harus dilihat secara langsung baru bisa yakin untuk melakukan transaksi. Dari situ kita ambil keputusan COD, asalkan konsumen memberikan informasi foto, identitas, dan share lock secara live untuk dikunjungi," dia.

Fischer mengaku dengan metode ini, ternyata tingkat kesepakatan justru lebih tinggi. Sejak awal April 2020 hingga saat ini, setidaknya sudah lebih dari 10 mobil yang laris dan setiap hari selalu ada permintaan untuk COD.

Nah, bagi konsumen yang sedang mencari mobil bekas, tentu hal ini bisa menjadi solusi di tengah adanya aturan di rumah saja. Konsumen cukup melihat lebih dulu unit yang akan dibeli melalui situs mobil88 dan meminta untuk showing delivery ke rumah.

Baca juga: Tips Menjaga Harga Jual Mobil Bekas Tetap Tinggi

Untuk syaratnya, seperti yang telah disebutkan di atas, bahkan tanpa perlu melakukan booking fee.

Pasar mobil bekas di bulan RmadhanStanly/Otomania Pasar mobil bekas di bulan Rmadhan

"Untuk konsultasi pemilihan unit dan permintaan showing dapat dilakukan di mobil88 e-store dengan menggunakan fasilitas live chat. Pilih unitnya-showing di rumah, cocok langsung lunasi dan mobil langsung parkir di garasi," ucap Fischer.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X