Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Mati Gaya, Beli Mobil Bekas Bisa Dianter ke Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia, membuat beberapa perusahaan otomotif memutar otak untuk tetap bisa melayani konsumen tanpa harus meninggalkan rumah.

Kondisi ini tak hanya berlaku bagi penjualan mobil baru saja, tapi juga bagi bisnis mobil bekas. Salah satunya seperti mobil88 yang kini mulai mengencangkan layanan digital dan jemput bola bagi konsumennya.

Direktur Utama Mobil88 Halomoan Fischer mengatakan, mulai April ini pihaknya sudah mulai menerapkan stategi jemput bola dengan metode car on delivery alias COD.

"Kita mulai terapkan ini sejak ada kabijakan work from home (WFH), dan memang ternyata antusias dari konsumen juga cukup tinggi dengan cara seperti itu. Jadi kita antarkan mobil ke konsumen deal di sana sehingga konsumen bisa tetap di rumah," ucap Fischer saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/4/2020).

Fischer menjelaskan metode ini diterapkan seiring meningkatnya kunjungan konsumen via digital di masa pandemi corona. Sementara untuk kunjungan ke diler sendiri, sudah menurun drastis.

Berangkat dari hal itu, ada indikasi ternyata masih banyak konsumen yang mencari mobil bekas dalam situasi seperti ini. Konsumen sebelumnya juga bisa melakukan pembelian secara daring melalui aplikasi resmi mobil88.

Namun menurut Fischer, banyak dari konsumen yang sedikit keberatan dengan harus membayarkan booking fee lebih dulu. Karena itu akhirnya diputuskan untuk menerapkan COD.

"Konsumen banyak keberatan dengan booking fee, padahal meski pun nantinya mereka tidak membeli, uang tetapkan akan kami kembalikan. Mungkin ada kekhawatiran kalau mobilnya tidak sesuai harapan maka proses pengembalian booking fee akan rumit," ucap fischer.

"Sementara market masih percaya bahwa used car itu adalah barang yang harus dilihat secara langsung baru bisa yakin untuk melakukan transaksi. Dari situ kita ambil keputusan COD, asalkan konsumen memberikan informasi foto, identitas, dan share lock secara live untuk dikunjungi," dia.

Nah, bagi konsumen yang sedang mencari mobil bekas, tentu hal ini bisa menjadi solusi di tengah adanya aturan di rumah saja. Konsumen cukup melihat lebih dulu unit yang akan dibeli melalui situs mobil88 dan meminta untuk showing delivery ke rumah.

Untuk syaratnya, seperti yang telah disebutkan di atas, bahkan tanpa perlu melakukan booking fee.

"Untuk konsultasi pemilihan unit dan permintaan showing dapat dilakukan di mobil88 e-store dengan menggunakan fasilitas live chat. Pilih unitnya-showing di rumah, cocok langsung lunasi dan mobil langsung parkir di garasi," ucap Fischer.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/08/144100515/tak-mati-gaya-beli-mobil-bekas-bisa-dianter-ke-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke