Ban Vulkanisir untuk Kendaraan Komersial Hanya untuk Bagian Belakang?

Kompas.com - 04/04/2020, 13:02 WIB
Kode regroovable pada ban yang bisa divulkanisir. touringonline.wordpress.comKode regroovable pada ban yang bisa divulkanisir.

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban vulkanisir biasa digunakan pada kendaraan komersial. Keuntungan dari menggunakan ban jenis ini, yaitu usianya yang panjang dan jika telapak bannya sudah aus, bisa dilapis lagi dengan yang baru.

Pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 29 Tahun 2015, dijelaskan bahwa penggunaan ban vulkanisir pada bus AKAP sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) hanya boleh untuk ban belakang.

Namun sebenarnya apakah kualitas dari ban vulkanisir sudah baik? Apalagi jika digunakan pada kendaraan komersial, keselamatan penumpang sangat diutamakan.

Baca juga: 3 Vespa yang Sulit Dicari dan Harganya Tembus Ratusan Juta Rupiah

ganti ban busmalangpostonline.com ganti ban bus

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, sebenarnya peletakkan ban vulkanisir di bus tidak masalah di bagian depan, selama proses vulkanisirnya baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tidak masalah sebenarnya ban vulkanisir dipasang di depan atau belakang, asal tempat vulkanisirnya yang baik. Kalau kurang baik kan bisa lepas telapak vulkanisirnya saat berjalan, itu yang jadi bahaya,” ucap Zulpata kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Dijual Rp 5 Miliar, BMW M5 Edition 35 Years Sapa Konglomerat Indonesia

Melakukan vulkanisir ban pada dasarnya sama dengan ban baru. Jika kualitasnya baik, untuk grip ban tidak ada masalah. Sebenarnya layanan vulkanisir ban yang baik juga sudah disediakan oleh pabrikan ban.

“Pabrikan ban seperti Bridgestone Indonesia juga sudah menyediakan layanan untuk vulkanisir ban. Menggunakan vulkanisir merek Bandag dari Amerika, jadi kualitasnya juga dijamin. Bahkan untuk pembelian ban yang banyak, disediakan layanan berupa monitor perawatan ban sampai vulkanisirnya,” kata Zulpata.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.