Jangan Diamkan Aki Motor Soak Terlalu Lama, Ceritanya Bisa Panjang

Kompas.com - 04/04/2020, 10:42 WIB
Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baik kompas.comAki motor butuh perawatan agar performa tetap baik

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat sepeda motor lama tidak dihidupkan, risiko aki menjadi soak mungkin saja terjadi. Kalau sudah mengetahui aki pada motor soak, baiknya jangan diamkan terlalu lama, karena ceritanya bisa panjang.

Dampak yang paling terasa, adalah electric starter yang berfungsi tidak optimal. Enggak "ces, greng".

Namun, tak sedikit pemilik motor yang menyepelekan kerusakan ini. Sebab, untuk sebagian motor masih bisa dihidupkan dengan kick starter atau diengkol. Hanya beberapa motor saja yang tidak dibekali kick starter, khususnya skutik dan motor sport keluaran terbaru.

Baca juga: Kenali Tanda Awal Aki Motor Mulai Soak

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motora, mengatakan, aki motor yang sudah mulai soak sangat tidak disarankan untuk dibiarkan terlalu lama. Sebaiknya, lekas dilakukan penggantian.

Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soakkompas.com Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soak

"Tapi, tergantung sistem kelistrikan bagian mana. Sebab, ada yang butuh tegangan 12,4 V dan ada juga yang bisa menerima tegangan 5,5 V," ujar Wahyu, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Wahyu menambahkan, motor-motor sekarang sudah memiliki pengaturan fail safe system. Sehingga, dalam kondisi low voltage (tegangan rendah) atau unstable (tidak stabil), biasanya unit akan tetap bisa bekerja.

Baca juga: Efek Buruk Pasang Terminal Aki Motor Terbalik

"Hanya saja, pasti akan rusak jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang," kata Wahyu.

Saat kondisi bekerja dari rumah atau Work From Home ( WFH), pemilik motor sebaiknya tetap menghidupkan mesinnya sesekali. Tujuannya agar terjadi pengisian aki saat mesin dihidupkan yang bisa mencegah aki menjadi soak.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X