Imbas Corona, Penjualan Mobil Honda Turun 11 Persen

Kompas.com - 04/04/2020, 08:02 WIB
Honda Prospect Motor (HPM) merayakan produksi lokal ke-1 juta unit di pabrik II di Karawang, Jawa Barat, Senin (27/2/2017).. Febri Ardani/OtomaniaHonda Prospect Motor (HPM) merayakan produksi lokal ke-1 juta unit di pabrik II di Karawang, Jawa Barat, Senin (27/2/2017)..

JAKARTA, KOMPAS.com – Meluasnya pandemi virus corona atau Covid-19, telah berdampak besar pada industri otomotif. Sejumlah pabrikan harus mengalami penurunan penjualan jika dibandingkan dengan waktu sebelum wabah ini belum merebak.

Salah satu perusahaan yang terdampak, PT Honda Prospect Motor (HPM), telah mengumumkan untuk menghentikan produksi mobil sementara waktu.

“Kami akan melakukan penyesuaian dengan menghentikan sementara aktivitas produksi di pabrik selama 14 hari, mulai tanggal 13 April 2020,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, dalam keterangan resmi (3/4/2020).

Baca juga: Ini Untung dan Rugi Beli Mobil Bekas Taksi

Ekspor Honda Brio ke Filipinadok.HPM Ekspor Honda Brio ke Filipina

“Selama masa ini, hanya lini produksi yang berhenti beroperasi sementara operasional lain di pabrik dan Head Office masih tetap berjalan sesuai dengan aturan pemerintah saat ini,” ucap Billy.

Untuk diketahui pada Maret 2020, penjualan Honda mencatatkan angka 10.667 unit. Atau menurun 11 persen dibandingkan Februari 2020.

Dari sekian banyak model, Brio masih menempati urutan pertama mobil paling laris dengan angka 5.444 unit. Kemudian diikuti HR-V sebanyak 1.880 unit, CR-V 1.151 unit, Jazz 820 unit, serta Mobilio 745 unit.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Taksi Bisa Langsung Upgrade?

Ilustrasi dealer Honda di Vietnam.Nikkei Ilustrasi dealer Honda di Vietnam.

“Dalam kondisi pasar yang sedang turun saat ini, sangat penting untuk tetap menjaga level stok dan pasokan untuk konsumen agar tetap seimbang dengan permintaan pasar,” kata Billy.

“Kami juga terus memonitor permintaan di pasar untuk mempersiapkan strategi yang tepat dalam menjalankan aktivitas produksi di bulan-bulan mendatang,” ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X