Perhatikan Hal Ini Saat Mencuci Mesin Motor

Kompas.com - 30/03/2020, 14:32 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Imbauan #dirumahaja alias work form home (WFH) bisa menjadi waktu yang berguna bagi pemilik sepeda motor. Mengisi waktu luang dengan aktivitas yang bermanfaat seperti mencuci.

Mencuci sendiri meningkatkan kepedulian pemilik dengan motornya. Pemilik bisa mengetahui apa kekurangan di motornya yang sebelumnya tidak terlihat, dan kemudian mencari jalan keluarnya.

Baca juga: Bersihkan Kerak di Ruang Mesin Mobil, Begini Caranya

Meski begitu dalam mencuci motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama saat Anda ingin membersihkan bagian mesin.

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, pada dasarnya tidak ada aturan khusus ketika ingin mencuci area mesin.

Rangka baru full custom dinila lebih amam ketimbang memakai sasis asli sepeda.Foto: BikeExif Rangka baru full custom dinila lebih amam ketimbang memakai sasis asli sepeda.

"Namun yang perlu diperhatikan jangan sampai air masuk ke dalam tanki bahan bakar, hindari penyemprotan area tutup tanki bahan bakar dengan tekanan air yang tinggi," kata Herman kepada Kompas.com, Senin (30/3/2020).

Herman mengatakan, selain hindari menyemprot bagian tangki bahan bakar juga perhatikan bagian pengapian. Perhatian kondisi kepala busi, jika kurang bagus ada baiknya dilapisi dulu dengan plastik, tapi jika masih bagus maka cukup aman.

Baca juga: Kenali Tanda Awal Aki Motor Mulai Soak

"Tidak perlu dipakai plastik jika cangklong busi masih bagus, air tidak akan masuk dan menghalangi pengapian, yang penting penyemprotannya masih wajar di area tersebut," katanya.

Terakhir, jangan mencuci motor jika mesin masih panas. Baiknya diamkan dulu sampai temperaturnya turun. Alasannya mesin terbuat dari bahan metal, yang akan mengalami reaksi jika suhunya berubah drastis dari panas ke dingin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.