Kenali Tanda Awal Aki Motor Mulai Soak

Kompas.com - 30/03/2020, 10:42 WIB
Speedometer Honda Revo Foto: Blog garasi ModifikasiSpeedometer Honda Revo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Klaster intrumen sepeda motor berfungsi agar pengendara dapat mematau kondisi motor. Salah satunya, yaitu soal kesehatan aki, yang mencirikan aki masih bagus atau tidak.

Wahyudin, Kepala Mekanik Bengkel AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, cara paling mudah melihat tanda-tanda aki mulai soak, yaitu dengan melihat klaster instrumen.

Baca juga: Lakukan Cara Ini Agar Umur Aki Skutik Lebih Awet

"Kalau di motor lama tipe manual lihat indikator lampu netral. Kalau lampu netral redup itu tandanya aki bakalan soak, sebab starter adalah komponen elektrik yang membutuhkan tegangan atau ampere yang paling besar dari yang lain," kata Wahyudin kepada Kompas.com, Minggu (28/3/2020).

Wahyudin mengatakan, saat lampu netral sudah redup biasanya motor sulit untuk langsung dinyalakan pakai electric starter.

"Makanya waktu kondisi netral dan langusng dinyalain, sedangkan starternya sudah tidak berfungsi normal, dia tidak bisa memutarkan mesin," katanya.

Honda Beat KOMPAS.com/Gilang Honda Beat

Baca juga: Begini Cara Bersihkan Filter Motor yang Benar

Lantas bagaimana dengan skutik yang tidak punya indikator gigi netral? Wahyudin mengatakan pada dasarnya sama saja, cukup perhatikan lampu panel indikator apakah terang atau redup.

"Ini juga sama, tapi kan untuk lampu panel speedometer antara redup dan tidaknya kurang jelas kalau siang hari, lebih jelas kalau malam hari. Apalagi sampai tidak nyala sama sekali itu pasti akinya sudah habis," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X