Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rumah Aja, Bisa Bersihkan Mika Lampu Motor Pakai Pasta Gigi

Kompas.com - 30/03/2020, 12:13 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mika lampu sepeda motor yang menguning membuat motor tampak kurang terawat dan termakan usia. Kondisi ini umumnya terjadi pada motor yang berusia di atas lima tahun.

Selain kurang sedap dipadang, pancaran sinar lampu juga bisa terganggu lantaran tertahan kondisi mika yang buram. Apalagi kalau mika lampunya sudah mengalami retak yang membuat cahaya jadi bias.

Baca juga: Lampu Kabin Bernuansa Kafe Jadi Andalan Bus AKAP

Riko pemilik bengkel RH Garage di Bintaro Trade Center Blok H2-41, mengatakan, cara yang cukup sederhana untuk membersihkan mika lampu kusam yakni dengan cara memakai pasta gigi.

“Tapi kalau lampu sudah buram dan berubah warna jadi kuning itu tidak bisa dibersihkan dari luar saja, harus dibuka biar bagian dalam bisa dibersihkan juga,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Mika lampu sepeda motor kusam Foto: Motorplus Mika lampu sepeda motor kusam

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, banyak faktor yang membuat mika lampu jadi kusam, mulai dari usia motor, pemakaian bohlam lampu yang tidak sesuai standar sampai retakan kecil.

Baca juga: Ingat Lagi Kesalahan Menyalakan Lampu Hazard saat Hujan Deras

"Bisa karena pernah memakai bohlam lampu yang tidak standar atau memang usia pakai yg sudah terlampau lama, atau bisa juga ada lubang kecil atau retakan yang mengakibatkan debu, kotoran, air masuk ke dalam mika lampu, mengakibatkan pengembunan sehingga lama kelamaan menjadi kusam," kata Herman.

Jika belum terlalu kusam maka masih bisa dibersihkan dengan berbagai cara, tapi kalau sudah terlalu parah, kata Herman, maka sattu-satunya cara yaitu dengan menggati yang baru.

"Saran yang dapat dilakukan hanya satu, yaitu ganti mika dengan yang baru, karena jika tidak diganti atau hanya dibersihkan tetap saja keawetannya tidak akan lama," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com