Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan Hal Ini Saat Mencuci Mesin Motor

Mencuci sendiri meningkatkan kepedulian pemilik dengan motornya. Pemilik bisa mengetahui apa kekurangan di motornya yang sebelumnya tidak terlihat, dan kemudian mencari jalan keluarnya.

Meski begitu dalam mencuci motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama saat Anda ingin membersihkan bagian mesin.

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, pada dasarnya tidak ada aturan khusus ketika ingin mencuci area mesin.

"Namun yang perlu diperhatikan jangan sampai air masuk ke dalam tanki bahan bakar, hindari penyemprotan area tutup tanki bahan bakar dengan tekanan air yang tinggi," kata Herman kepada Kompas.com, Senin (30/3/2020).

Herman mengatakan, selain hindari menyemprot bagian tangki bahan bakar juga perhatikan bagian pengapian. Perhatian kondisi kepala busi, jika kurang bagus ada baiknya dilapisi dulu dengan plastik, tapi jika masih bagus maka cukup aman.

"Tidak perlu dipakai plastik jika cangklong busi masih bagus, air tidak akan masuk dan menghalangi pengapian, yang penting penyemprotannya masih wajar di area tersebut," katanya.

Terakhir, jangan mencuci motor jika mesin masih panas. Baiknya diamkan dulu sampai temperaturnya turun. Alasannya mesin terbuat dari bahan metal, yang akan mengalami reaksi jika suhunya berubah drastis dari panas ke dingin.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/30/143200815/perhatikan-hal-ini-saat-mencuci-mesin-motor-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke