India Lockdown, KTM Indonesia Ikut Kena Imbas

Kompas.com - 25/03/2020, 13:02 WIB
KTM Buka diler ke 23 yang terletak di kota Bogor KTMKTM Buka diler ke 23 yang terletak di kota Bogor
|


JAKARTA, KOMPAS.com - India memutuskan untuk melakukan lockdown selama tiga pekan atau 21 hari sebagai upaya memutus rantai penyebaran wabah virus cofid-19 atau corona.

Seluruh penduduk India yang berjumlah 1,3 miliar orang akan menjalani karantina penuh. Membuat sebagian besar aktivitas berhenti termasuk pabrik di sektor otomotif.

Baca juga: KTM 390 Adventure, Motor Baru yang Doyan Petualang

Kristianto Gunadi, Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM), sebagai APM motor KTM di Indonesia, mengatakan, lockdown di India akan berpengaruh pada suplai unit motor ke Indonesia.

KTM 250 Duke dan Presiden Direktur KTM Indonesia Kristianto Goenadi.Febri Ardani/KompasOtomotif KTM 250 Duke dan Presiden Direktur KTM Indonesia Kristianto Goenadi.

"Untuk KTM jelas sangat berdampak karena pabrik KTM di India tidak beroperasi sampai 30 Maret 2020 dan akan di review sesudahnya sesuai regulasi pemerintah dan kondisi di India," kata Gunadi kepada Kompas.com, Rabu (25/3/2020).

Meski mengatakan suplai dari India akan berpengaruh ke Indonesia, Gunadi belum bisa memastikan model apa saja yang bekal terkena dampak atau paling tidak yang indennya akan jadi lama karena stok kosong.

Baca juga: Pabrik KTM di Indonesia Siap Beroperasi Akhir 2019

"Tergantung kapan pabrik bisa beroperasi, kalau hanya sampai 30 Maret 2020, seharusnya tidak terlalu lama (indennya)," kata Gunadi.

Untuk diketahui saat ini pabrik KTM untuk dunia terbagi dalam dua tempat produksi. Motor berkapasitas besar di atas 400cc diproduksi di Austria, sedangkan untuk kubikasi kecil di bawah 400cc berada di India.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X