Kompas.com - 25/03/2020, 09:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak meluncur kembali pada 2014, semua model Datsun mengusung mesin yang sama yaitu unit berkapasitas 1.200 cc DOHC bertenaga 67 dk dan torsi 104 Nm. Awalnya mesin ini hanya tersedia dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Namun mulai 2018, Datsun mulai mengawinkan mesin ini dengan transmisi continously variable transmission (CVT).

Kombinasi mesin dan transmisi ini kemudian mulai dipakai di Datsun Go, Go+, hingga Cross yang jadi model flagship di Indonesia.

Baca juga: Imbas Covid-19, Kemenhub Hapus Program Mudik Bareng Lebaran 2020

Transmisi CVT pada Datsun GO.Doni Darwin Transmisi CVT pada Datsun GO.

Kini setelah ditinggal APM-nya, Datsun bertransmisi CVT berpeluang jadi model yang punya peminat di pasar mobil bekas.

“Transmisi CVT disukai karena menawarkan kehalusan dan konsumsi BBM yang irit,” kata Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, kepada Kompas.com (24/3/2020).

“Tapi memang akselerasinya kurang, makanya kalau di daerah lebih tertarik yang manua,” ujar Herjanto.

Baca juga: Harga Resmi SUV Baru MG ZS Mulai Rp 250 Jutaan

Sejumlah mobil Datsun di pamerkan saat  pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (27/4/2017). Pemeran otomotif yang akan berlangsung hingga 7 Mei 2017 itu diikuti pelaku industri otomotif di tanah air dengan manampilkan produk unggulan.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah mobil Datsun di pamerkan saat pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (27/4/2017). Pemeran otomotif yang akan berlangsung hingga 7 Mei 2017 itu diikuti pelaku industri otomotif di tanah air dengan manampilkan produk unggulan.

Selain Datsun bertransmisi CVT, model yang keluar pada awal-awal peluncuran juga diminati lantaran harga yang ditawarkan sudah sangat terjangkau.

Seperti diketahui, Datsun Go dan Go+ keluaran 2014 saat ini dihargai sekitar Rp 65 jutaan sampai Rp 75 jutaan di situs jual beli online.

“Biasanya untuk taksi online atau keluarga muda yang cari mobil agak besar. Meskipun tidak bisa menampung tujuh orang secara nyaman, tapi bagasinya lumayan yang Go+,” ucap Gunawan, pemilik showroom Garasi Mobil di MGK Kemayoran Lt. 3 Blok S7, Jakarta Pusat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.