Bisakah Ayla Lawas Dimodifikasi dengan Jadi Facelift?

Kompas.com - 25/03/2020, 08:22 WIB
Daihatsu Ayla Facelift 2020 KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Ayla Facelift 2020
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan penyegaran alias versi facelift dari Ayla. Mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car ( LCGC) ini hadir dengan tampilan baru yang makin sporty.

Seperti yang dijelaskan Head of Styling Design Dept PT ADM Mark Widjaja, tampilan agresif dari Ayla terspirasi dari tongkrongan Ayla Turbo.

Lalu, apakah pemilik Ayla lawas juga bisa mengadopsi tampang Ayla facelift tersebut. Paling tidak dari sisi bumper dan gril di sektor depan.

Baca juga: Harga Resmi SUV Baru MG ZS Mulai Rp 250 Jutaan

Daihatsu Ayla dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Daihatsu memberikan potongan harga hingga tujuh juta rupiah.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Daihatsu Ayla dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Daihatsu memberikan potongan harga hingga tujuh juta rupiah.

Menjawab hal ini, Technical Service Division Head PT ADM Anjar Rosjadi mengatakan, perubahan Ayla meski hanya sekadar facelift tapi cukup signifikan.

"Kalau dilihat memang sekilas hanya depannya saja yang berubah dengan model bumper, grill, dan lain sebagainya. Tapi dengan adanya komponen itu, otomatis dudukan dalam beda dengan Ayla lawas," ucap Anjar kepada Kompas.com, Selasa (24/3/2020).

Lantaran hal itu, Anjar menjelaskan akan sangat sulit bila Ayla lawas mengadopsi tampang baru mobil murah kembaran Toyota Agya tersebut.

Baca juga: Jokowi Beri Kelonggaran Cicilan untuk Ojek dan Sopir Taksi Online

Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADMADM Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM

Meski pun dapat dilakukan dengan cara modifikasi, namun hasilnya tak akan makismal lantaran dudukan sambungan bumper yang berbeda. Artinya akan sedikit memaksa bila dilakukan.

"Dari Daihatsu sendiri memang tak menyediakan part aksesorisnya, jadi bumper baru dan lain sebagainya memang dirancang untuk Ayla baru," ujar Anjar.

"Intinya kalau secara modifikasi dan diakali, mungkin bisa saja, tapi secara hasil belum tentu serapih pabrikan. Belum lagi mungkin biaya yang dikeluarkan tidak akan sepadan," kata dia.

Daihatsu meluncurkan Ayla baru dengan harga mulai dari Rp 101,650 juta untuk varian bawah bermesin 1.000 cc. Sementara untuk mesin 1.200 cc yang menjadi model termahalnya, yakni Ayla Deluxe AT dengan harga Rp 159,4 juta.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X