Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Ayla Lawas Dimodifikasi dengan Jadi Facelift?

Kompas.com - 25/03/2020, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan penyegaran alias versi facelift dari Ayla. Mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC) ini hadir dengan tampilan baru yang makin sporty.

Seperti yang dijelaskan Head of Styling Design Dept PT ADM Mark Widjaja, tampilan agresif dari Ayla terspirasi dari tongkrongan Ayla Turbo.

Lalu, apakah pemilik Ayla lawas juga bisa mengadopsi tampang Ayla facelift tersebut. Paling tidak dari sisi bumper dan gril di sektor depan.

Baca juga: Harga Resmi SUV Baru MG ZS Mulai Rp 250 Jutaan

Daihatsu Ayla dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Daihatsu memberikan potongan harga hingga tujuh juta rupiah.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Daihatsu Ayla dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Daihatsu memberikan potongan harga hingga tujuh juta rupiah.

Menjawab hal ini, Technical Service Division Head PT ADM Anjar Rosjadi mengatakan, perubahan Ayla meski hanya sekadar facelift tapi cukup signifikan.

"Kalau dilihat memang sekilas hanya depannya saja yang berubah dengan model bumper, grill, dan lain sebagainya. Tapi dengan adanya komponen itu, otomatis dudukan dalam beda dengan Ayla lawas," ucap Anjar kepada Kompas.com, Selasa (24/3/2020).

Lantaran hal itu, Anjar menjelaskan akan sangat sulit bila Ayla lawas mengadopsi tampang baru mobil murah kembaran Toyota Agya tersebut.

Baca juga: Jokowi Beri Kelonggaran Cicilan untuk Ojek dan Sopir Taksi Online

Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADMADM Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM

Meski pun dapat dilakukan dengan cara modifikasi, namun hasilnya tak akan makismal lantaran dudukan sambungan bumper yang berbeda. Artinya akan sedikit memaksa bila dilakukan.

"Dari Daihatsu sendiri memang tak menyediakan part aksesorisnya, jadi bumper baru dan lain sebagainya memang dirancang untuk Ayla baru," ujar Anjar.

"Intinya kalau secara modifikasi dan diakali, mungkin bisa saja, tapi secara hasil belum tentu serapih pabrikan. Belum lagi mungkin biaya yang dikeluarkan tidak akan sepadan," kata dia.

Daihatsu meluncurkan Ayla baru dengan harga mulai dari Rp 101,650 juta untuk varian bawah bermesin 1.000 cc. Sementara untuk mesin 1.200 cc yang menjadi model termahalnya, yakni Ayla Deluxe AT dengan harga Rp 159,4 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com