KTM 390 Adventure, Motor Baru yang Doyan Petualang

Kompas.com - 11/11/2019, 16:22 WIB

MILAN, KOMPAS.com - KTM resmi melansir model baru KTM 390 Adventure di EICMA, Milan 2019. Motor ini merupakan KTM adventure terkecil atau entry level yang menggunakan basis dari 390 Duke.

Meski basis mesinnya dari 390 Duke namun sasisnya diklaim dibangun dari pengembangan 450 Rally atau 790 Adventure. Motor pun diklaim bakal tangguh diajak untuk terabas dua alam.

Baca juga: Pabrik KTM di Indonesia Siap Beroperasi Akhir 2019

KTM 390 Adventure Foto: Cycleworld KTM 390 Adventure

Sosok KTM 390 Adventure ini mengusung skema desain keluarganya yang lebih besar termasuk 1190 Adventure. Kemiripan bisa dilihat dari desain rumah lampu utama yang meninggi, dan adanya windscreen.

Uniknya bentuk lampu depannya masih kental dengan 390 Duke. Namun sosok motor tangguh diperkuat dengan aplikasi pelek jari-jari, handle grip, knalpot meninggi, dan mud guard depan yang tinggi.

KTM 390 Adventure mengusung mesin single cylinder DOHC 4 stroke 373 cc menghasilkan 44 tk dan torsi 37 Nm. Tenaga ditransfer pakai tansmisi 6-percepatan quickshifter. Mesin ditopang sasis trelis dengan bobot keseluruhan 172 kg.

KTM 390 Adventure Foto: Cycleworld KTM 390 Adventure

Suspensi depan pakai model upside down dari WP lingkar 43 mm dengan jarak main 170 mm. Sedangkan belakang pakai monoshock dari seri sama dengan jarak main 177 mm. Keduanya full adjustable.

Baca juga: Motor Langka KTM Ini Meluncur di IIMS Motobike 2019

Tinggi jok 855 mm, ground clereance 200 mm. Roda depan dibekali pelek berdiameter 19 inchi di depan dan 17 inchi di belakang yang dibalut dengan ban dual purpose.

Pengereman depan pakai kaliper radial Bybre empat piston dengan cakram berdiameter 320 mm. Sementara belakang Bybre satu piston dengan cakram berukuran 230 mm, lengkap dengan ABS dual channel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.