WFH Bisa Sambil Bersihkan Rantai Motor Supaya Bebas Kaku

Kompas.com - 25/03/2020, 09:22 WIB
Rantai motor berkarat rpmsuper.comRantai motor berkarat

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyebaran virus corona yang semakin meluas, membuat pemerintah mengimbau perkantoran untuk bekerja di rumah alias work from home ( WFH) selama dua sampai tiga pekan. 

Guna menghabiskan waktu di rumah, tak ada salahnya dimanfaatkan untuk merawat kendaraan bermotor, salah satunya bagian rantai sepeda motor.

Rantai motor memang hanya ada pada jenis underbone atau bebek, kemudian model sport. Namun, komponen ini cukup krusial, karena merupakan perantara tenaga dari mesin ke roda, untuk menggerakkan motor. Pasalnya, rantai motor bisa kaku bila tidak dirawat.

Mamal Syahrudin, Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong, mengatakan, rantai motor yang kering, jika terlalu lama didiamkan bisa jadi kaku.

Baca juga: Catat, Ini Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil

chain lubeKompas.com/Fathan Radityasani chain lube

“Kalau kondisi rantainya kering, bisa jadi kaku. Kering itu dikarenakan debu, sering kena air, jadi bisa berkarat juga rantainya,” ucap Mamal kepada Kompas.com, Selasa (24/3/2020).

Agar tidak rantai tidak kaku, bisa menggunakan pelumas untuk rantai atau chain lube. Tetapi sebelum pakai chain lube, sebaiknya rantai dibersihkan terlebih dahulu.

Baca juga: Imbas Covid-19, Kemenhub Hapus Program Mudik Bareng Lebaran 2020

“Baiknya bisa dibersihkan dulu rantainya, menggunakan air sabun dan bensin. Setelah bersih dan kering, baru dipakai chain lube, sambil roda belakangnya diputar,” kata Mamal.

Mamal juga mengatakan, membersihkan rantai cukup dengan bensin saja, tidak perlu menambahkan sabun cuci piring. Jika menambah sabun cuci piring, khawatir seal yang ada pada rantai motor jadi melar dan berisik.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X