Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini Jika Mau Ganti Rantai Sepeda Motor

Kompas.com - 20/01/2020, 09:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Rantai dan gear pada sepeda motor merupakan komponen yang sangat penting, memiliki fungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke roda pengerak. Maka dari itu, kondisinya juga harus tetap terjaga.

Salah satu langkah untuk menjaga agar komponen itu awet, adalah dengan melakukan perawatan secara berkala. Selain membersihkan, rantai juga harus rajin dilumasi sehingga tidak kering.

Tetapi, jika kondisinya sudah kendur dan tidak bisa disetel lagi, mau tidak mau harus menggantinya dengan baru.

Hanya saja, kadang banyak pemilik motor yang kebingungan harus membeli satu set atau mengecer.

Mengingat, sekarang ini banyak jenis rantai maupun gear produk aftermarket yang dijual di pasaran. Terlebih, diklaim memiliki kualitas lebih bagus dari merek bawaan pabrikan.

Baca juga: Ingat Potong Rantai Motor Hanya Solusi Sementara

Apalagi, jika sudah diiming-imingi bahwa produk tersebut banyak dipakai untuk balapan. Pastilah banyak yang tergiur untuk membeli.

Hanya saja, biasanya untuk produk aftermarket dijual secara terpisah, yakni rantai dijual sendiri, begitu pula untuk gear depan maupun belakangnya. Tentunya harga untuk produk itu kebanyakan lebih mahal dibandingkan dari pabrikan.

Cara bersihkan rantai motorwww.Youtube.com Cara bersihkan rantai motor

Kepala Mekanik AHASS Honda Cahaya Sakti Motor, Sragen, Jateng Joko Purnomo menyarankan, lebih baik untuk membeli rantai dan gear sepaket.

“Jika membeli secara eceran, rantainya sendiri, gearnya sendiri itu malah tidak baik. Hal ini karena jika tidak sesuai dengan ukurannya bisa saja saat dipasang tidak cocok,” kata Joko kepada KOMPAS.com, Minggu (19/1/2020).

Baca juga: Menyetel Rantai Motor Jangan Asal Kencang, Ada Aturannya

Ketidakcocokan ini, kata Joko bisa didengarkan dari suara yang dikeluarkan oleh rantai saat motor digunakan. Nantinya akan terdengar suara “ceklak” saat digunakan untuk berjalan.

“Kalau sudah tidak pas seperti itu rantai maupun gearnya akan menjadi tidak awet, jadi lebih baik membelinya satu set karena ukurannya sudah pasti,” ucapnya.

Jika sudah melakukan penggantian, Joko menyarankan, agar rantai dirawat secara rutin. Jangan sampai menjadi kering karena akan mudah aus.

Menyetel rantai sepeda motor bisa dilakukan sendiri. Untuk memastikan ukuran ketengangan rantai motor yang sesuai standar yakni 2 sentimeter sampai dengan 3 sentimeter diperlukan alat ukur.Ari Purnomo Menyetel rantai sepeda motor bisa dilakukan sendiri. Untuk memastikan ukuran ketengangan rantai motor yang sesuai standar yakni 2 sentimeter sampai dengan 3 sentimeter diperlukan alat ukur.

“Biasanya setelah terkena air hujan itu dicuci dan diberikan pelumas, jangan sampai rantai kering. Kalau sudah kering akan berkarat, lama-lama bisa aus dan ranti menjadi kendur," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com