Bus Bisa Dibedakan Dari Sistem Penyejuk Ruangannya

Kompas.com - 23/03/2020, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Fitur Air Conditioner (AC) sudah menjadi lumrah pada kendaraan, terutama di negara tropis seperti di Indonesia. Sistem penyejuk ruangan ini juga menjadi fitur standar transportasi darat, salah satunya bus.

Bus dengan AC saat ini memiliki dua model sistem, ada yang ditempatkan di atap dan di belakang, berdekatan dengan mesin. Lalu mengapa ada perbedaan lokasi penempatan AC bus tersebut?

Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana, mengatakan, penempatan AC di atas ataupun di belakang, sebetulnya dilakukan berdasarkan bentuk bus.

Baca juga: 3 Motor Yamaha yang Gagal di Indonesia

AC busKompas.com/Fathan Radityasani AC bus

“Memang bus biasa letak AC nya ada di atas atap. Sedangkan bus yang AC nya ada di belakang, biasanya untuk bus dengan bodi yang tinggi seperti double decker,” ucap Werry saat dihubungi Kompas.com, Minggu (22/3/2020).

AC bus yang ada di bagian atap merupakan bagian dari kondensor. Bagian kompresor ada di dekat mesin dan blower di bagian kabin bus. Sedangkan bus dengan AC di belakang, posisi kondensor ada di atas mesin.

Baca juga: Kenapa Letak Dongkrak Agya dan Ayla di Kolong Kursi Penumpang Depan?

Werry mengatakan, untuk dua model AC bus ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Biaya dan kemudahan memasang menjadi pembeda antara kedua model AC ini.

“Kalau yang di atap lebih murah, tapi memakan tempat dan ribet pasangnya. Kalau yang di belakang, lebih simpel modelnya, tapi dengan harga yang cukup mahal,” kata Werry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.