Kompas.com - 23/03/2020, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Virus corona atau Covid-19 yang semakin merebak di Indonesia membuat hidup sehat jadi kewajiban bagi seluruh masyarakat.

Berbagai cara dilakukan demi menghindari penyebaran virus corona, salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan kendaraan kesayangan.

Bagi pemilik mobil, salah satu cara yang dinilai bisa menghilangkan virus dan bakteri dalam mobil adalah dengan menggunakan air purifier. Air purifier sendiri adalah alat untuk menjernihkan udara.

Alat ini sudah banyak disediakan langsung oleh produsen atau produk aftermarket. Namun, nyatanya air purifier tak berdaya menangkal penyebaran virus corona atau Covid-19 di mobil.

Baca juga: Lakukan Ini Jika Terpaksa Riding saat Virus Corona Merebak

Air purifier memang dinilai efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap dan menangkap debu dari udara, sekaligus melawan penyebab gangguan pernapasan. Namun, cara kerja alat ini memiliki batasan.

Presiden Direktur XTO Car Care, Christopher Sebastian, mengatakan, air purifier tidak bisa menghilangkan virus atau bakteri dalam mobil.

Proses fogging di dalam kabin mobilVertue Concept Proses fogging di dalam kabin mobil

Baca juga: Ketimbang Hand Sanitizer, Cairan Ini Lebih Aman buat Interior Mobil

“Air purifier hanya untuk menghilangkan bau dan debu, itupun kemampuannya terbatas. Jadi tidak bisa menangkap dan membunuh virus, karena partikel virus sangat kecil sekali,” ujar Christopher kepada Kompas.com, Minggu (22/03/2020)

Christopher melanjutkan, “Air purifier hanya dapat menangkap partikel maksimal 0,1 mikron atau lebih besar. Kebanyakan air purifier mampu menangkap 0,3 mikron. Sedangkan virus ukurannya bisa sampai 0.0004 mikron,”

Jika memang bertujuan ingin menghilangkan virus dan bakteri pada kabin mobil, Christopher menyarankan sebaiknya lakukan fogging minimal sebulan sekali.

Diklaim, dengan fogging mampu menghilangkan virus dan bakteri pada kabin hingga 99 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.