Kenapa Letak Dongkrak Agya dan Ayla di Kolong Kursi Penumpang Depan?

Kompas.com - 22/03/2020, 07:41 WIB
Toyota Agya facelift remsi diluncurkan pada Kamis (19/3/2020). KOMPAS.com/DioToyota Agya facelift remsi diluncurkan pada Kamis (19/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM) belum lama ini meluncurkan Agya dan Ayla versi facelift 2020. Ada beberapa perubahan yang ditawarkan pada mobil murah lima penumpang tersebut.

Namun, kali ini pembahasan ada pada komponen dongkrak dan kunci ban. Setiap mobil biasanya sudah dilengkapi dengan dongkrak untuk keadaan darurat dan di simpan di kabin mobil.

Jika biasanya letak dongkrak berada di bagasi, berbeda dengan LCGC kembar ini. Posisi dongkrak pada Agya dan Ayla ada di kolong kursi penumpang depan.

Lalu apa alasannya untuk meletakkan dongkrak pada tempat tersebut?

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, peletakkan dongkrak di kolong kursi penumpang depan untuk mengatur luas kabin dan kepraktisan.

Baca juga: Mengapa Mobil Dilarang Langsam di Sisi Paling Kanan Jalur Jalan Tol?

dongkrak mobilKompas.com/Fathan Radityasani dongkrak mobil

“Dongkrak di kolong kursi penumpang depan lebih kepada pengaturan ruang dan kemudahan mengambil saja,” kata Anjar kepada Kompas.com, Sabtu (21/3/2020).

Cara mengambilnya bisa dengan memajukan kursi penumpang depan sampai mentok lalu raih dengan tangan dan kendurkan dongkraknya, setelah itu, dongkrak bisa diangkat dari kolong jok.

Baca juga: Siap Dipasarkan, Begini Bocoran Fitur MG ZS Pesaing Honda HR-V

Untuk peletakkan dongkrak di mobil memang tidak ada aturan khusus. Pabrikan bisa bebas meletakkan dongkrak di mana saja. Penempatan dongkrak di kolong kursi bisa memaksimalkan luas dari bagasi mobil.

“Ada juga mobil yang mengatur letak dongkrak di quarter panel belakang, tapi semuanya tergantung pengaturan ruang dan desain masing-masing model. Kebetulan penempatan dongkrak di kolong kursi membuat bagasi bisa digunakan dengan maksimal,” ucap Anjar.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X