Ingat, Mulai Hari Ini Jam Operasional Transportasi Umum Dibatasi

Kompas.com - 23/03/2020, 07:02 WIB
Bus transjakarta melenggang di antara kemacetan di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Lembaga Pemantau Kemacetan Lalu Lintas TomTom memastikan Jakarta ada di posisi ke-10 kota termacet di dunia pada 2019 dengan indeks kemacetan 10 persen. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGBus transjakarta melenggang di antara kemacetan di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Lembaga Pemantau Kemacetan Lalu Lintas TomTom memastikan Jakarta ada di posisi ke-10 kota termacet di dunia pada 2019 dengan indeks kemacetan 10 persen.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan peningkatan kewaspadaan terhadap penularan virus corona ( Covid-19), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan pembatasan jam operasional untuk semua transportasi umum.

Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan ( Dishub) DKI Jakarta, mengatakan pemberlakuan pembatasan transportasi umum akan berlaku mulai Senin (27/3/2020) hingga 5 April 2020.

"Karena sudah kondisi tanggap, semua layanan angkutan umum di wilayah Jabodetabek akan kami batasi mulai dari 27 Maret hingga dua pekan. Waktu operasi dari Transjakarta, KRL, LRT, dan MRT, dimulai dari pukul 06.00 WIB dan hanya sampai pukul 20.00 WIB," ucap Syafrin kepada Kompas.com, Minggu (22/3/2020).

Baca juga: Pembebasan Sementara Ganjil Genap Diperpanjang Hingga 5 April

Syafrin menjelaskan, untuk layanan umum lainnya seperti, Mikrotrans, Minitrans, RoyalTrans, angkutan perbatasan kota, serta Angkutan Malam Hari (Amari), untuk sementara waktu juga akan ditiadakan.

Bus Royaltrans milik PT Transjakarta yang rencananya digunakan untuk melayani warga perumahan. Foto diambil di Kementerian Perhubungan, Kamis (24/8/2017). KOMPAS.com/JESSI CARINA Bus Royaltrans milik PT Transjakarta yang rencananya digunakan untuk melayani warga perumahan. Foto diambil di Kementerian Perhubungan, Kamis (24/8/2017).

"Jadi kendaraan penghubung daerah, seperti RoyalTrans dari Cibubur atau dari Bogor kita setop dulu selama dua minggu ke depan. Dengan adanya hal ini, kami harap masyarakat itu benar-benar ada di rumah, karena situasi dan kondisi serta untuk menghindari penularan Covid-19," kata Syafrin.

"Kami juga sudah memperpanjang peniadaan ganjil genap sampai 5 April 2020. Dengan begitu masyarakat bisa menggunakan transportasi pribadi, tapi kami tegaskan lagi jangan meninggalkan rumah bila memang kondisinya tidak benar-benar penting," ucap dia.

Sementara untuk layanan Transjakarta sendiri, Syafrin menjelaskan akan tetap beroperasi, tapi hanya akan melayani di 13 koridor utama dengan waktu operasi yang sama, yakni dari 06.00 WIB-20.00 WIB.

Untuk rutenya sendiri, terdiri dari ;

1. Blok M - Kota
2. Pulo Gadung 1 - Harmoni
3. Kalideres - Pasar Baru
4. Pulo Gadung 2 - Tosari
5. Kampung Melayu - Ancol
6. Ragunan - Halimun
7. Kampung Rambutan - Kampung Melayu
8. Lebak Bulus – Harmoni
9. Pinang Ranti - Pluit
10. PGC 2 - Tanjung Priok
11. Kamoung Melayu - Pulo Gebang
12. Penjaringan - Sunter Boulevard Barat
13. Puri Beta - Blok M

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X