Pastikan Saldo Cukup, Tak Ada Top-Up Tunai di Gerbang Tol Jabodetabek

Kompas.com - 20/03/2020, 14:02 WIB
Jasa Marga IstimewaJasa Marga
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui anak usahanya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mulai menerapkan social distancing sebagai wujuh pencegahan penuluran virus corona atau covid-19.

Langkah ini diambil dengan menghentikan sementara layanan isi ulang atau top-up tunai di seluruh gerbang tol yang ada di wilayah Jabodetabek mulai Kamis (19/3/2020).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, hal ini dilakukan untuk mengutamakan kesehatan dan keamanan baik pengguna jalan atau karyawan operasional.

Baca juga: Cegah Corona, Razia Kendaraan dan Pelayanan SIM Distop Sementara

"Dengan adanya fasilitas top-up tunai masih ada transaksi dengan menggunakan uang tunai dan potensi kontak fisik antara pengguna jalan dengan karyawan operasional Jasa Marga," kata Heru dalam keterangan resminya, Kamis (19/3/2020).

Ilustrasi penggunaan e-toll Mandiri di gerbang tolKompasiana Ilustrasi penggunaan e-toll Mandiri di gerbang tol

Seperti diketahui, layanan isi ulang dengan pembayaran tunai memiliki sentuhan antara pengguna jalan tol dan petugas. Selain itu, akhir-akhir ini juga timbul kekhawatiran bila uang kertas dianggap sebagai media penyebaran virus corona.

Dengan adanya kebijakan sementara ini, dan untuk mengantisipasi adanya antrean panjang di transaksi gerbang tol, Heru mengimbau pengguna jalan tol untuk memastikan kecukupan saldo pada uang elektroniknya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Selamat siang, Kawan JM! ? ? PT Jasa Marga (Persero) Tbk. bersama kelompok usaha Jasa Marga Group di seluruh Indonesia juga melakukan langkah mitigasi pengendalian Covid-19 yang melibatkan operasional Jalan Tol.? ? Mitigasi pengendalian Covid-19 yang diterapkan di gerbang tol seperti bekerja dengan Alat Pelindung Diri (ADP) berupa rompi dan masker, sejak Senin, 16 Maret para petugas CS telah dilengkapi dengan sarung tangan terutama CS yang berinteraksi dengan pengguna jalan. Petugas CS juga membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan dicek suhu tubuhnya pra tugas dan pasca tugas. ? ? Untuk memastikan kebersihan Gardu Tol Otomatis (GTO), PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) selaku pengelola pemeliharaan peralatan tol Jasa Marga Group secara periodik membersihkan reader tapping uang elektronik dengan cairan disinfektan, minimal satu jam sekali. ? ? #BUMNUntukIndonesia? #IndonesiaberSATU? #BUMNAtasiCorona? #WorkFromHome? #JasaMargaTetapSiaga? #JasaMargaFightsCovid19

A post shared by PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga) on Mar 19, 2020 at 11:17pm PDT

Hal ini penting dilakukan oleh masyarakat sebelum masuk ke jalan tol. Sebenarnya top-up uang elektronik sendiri bisa dilakukan oleh pengguna jalan tol dengan baragam cara, mulai di minimarket atau langsung menuju gerai ATM.

"Memastikan kecukupan saldo merupakan dukungan pengguna jalan untuk ikut menerapkan social distancing di gerbang tol," ucap Heru.

"Sebagai contohnya, di ruas jalan tol dengan sistem transaksi terbuka, pengguna jalan dengan saldo uang elektronik kurang dan harus meminjam di kendaraan belakangnya tetap melakukan kontak fisik berupa peminjaman uang elektronik. Ini harus dihindari," kata dia.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X