Mekanisme Pembuatan SIM Internasional yang Distop Sementara karena Corona

Kompas.com - 20/03/2020, 13:51 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri resmi menutup sementara layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional. Keputusan ini diambil untuk mencegah peredaran virus corona (covid-19) yang makin marak belakangan ini.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, penutupan sementara layanan SIM Internasional dilakukan dari 17 hingga 31 Maret 2020. Bagi yang habis masa waktunya, akan ada dispensasi perpanjangan.

"Jadi yang ditutup sementara itu hanya SIM Internasional saja. Habis masa berlaku SIM dari tanggal 17 sampai dengan 30 Maret 2020 dapat melaksakan perpanjangan SIM setelah tanggal 31 Maret 2020," kata Istiono dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Cegah Corona, Razia Kendaraan dan Pelayanan SIM Distop Sementara

 

Peruntukan SIM Internasional sendiri ditujukan bagi warga Indonesia yang ingin berkendara di luar negeri. Menurut Istiono, SIM Internasional yang diterbitkan oleh kepolisian Indonesia telah diakui dan terligetimasi di 188 negara.

"Tidak hanya negara Asean, melainkan negara seluruh dunia. Kemarin juga hasil rapat di Aseanapol juga mendukung soal itu. Khusus Asean itu sudah kerja sama semua, termasuk seluruh dunia itu," kata Istiono beberapa waktu lalu.

Baca juga: Marak Virus Corona, Ini Cara Mengurus Tilang Elektronik

Nah, bagi yang sedang berniat membuat SIM Internasional Online, sembari menunggu layanan kembali dibuka kembali, pemohon bisa menyimak kembali syarat dan mekanisme pembuatannya.

Korps Lalu Lintas Polri pelayanan SIM InternasionalFebri Ardani Korps Lalu Lintas Polri pelayanan SIM Internasional

Seperti diketahui, untuk proses pembuatanya, pertama-tama pemohon harus melakukan registrasi lebih dulu secara online di sim.korlantas.polri.go.id/sim-internasional. Pendaftaran ini bisa menggunakan smartphone, laptop, dan komputer, lalu melanjutkan ke tahap berikutnya.

Namun sebelumnya, pastikan pemohon sudah melengkapi syarat awal lebih dulu, yakni memiliki e-KTP dan memilik SIM lokal yang masih aktif. Sedangkan untuk pembayaran dilakukan via transfer ke bank rekanan.

Berikut mekanisme pembuatan SIM Internasional :

1. Melakukan pengajuan pembuatan SIM Internasional melalui situs http:// sim.korlantas.polri.go.id/sim-internasional/ menggunakan perangkat ponsel maupun komputer.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.